ARTS & CRAFT

Siapa yang mengira bahwa hoby bermain lego bisa menjadi sebuah pekerjaan?

Augustman (Indonesia) - - Contents - PENULIS ALETHEA TAN FOTO LEGOLAND MALAYSIA

Legoland, ketika lego berubah menjadi sebuah karya seni

“TEMAN SAYA PIKIR SAYA HANYA BERMAIN SETIAP HARI,” ujar Stefan Betivoglio, sambil tertawa. “Mereka pikir saya tidak melakukan pekerjaan sama sekali. Mereka hanya berpikir ‘oh Stefan mungkin sedang asyik bermain dengan mainannya lagi’, ya mereka benar, tapi sebenarnya saya melakukan lebih dari itu.”

Saya bertemu dengan master builder Legoland Malaysia Stefan Bentivoglio saat ia berkunjung ke Singapore dan memintanya untuk membuat sebuah meme yang berisikan tetang apa yang teman, ibu, bos, dan orang-orang di sekitarnya pikir tetang pekerjaannya sebagai master builder Legoland.

Selain pihak Legoland, apakah ada orang lain yang tahu apa yang Anda kerjakan?h

Tidak ada. Ibu saya pikir saya membangun gedung t inggi dari Lego, bos saya pikir saya menghibur para tamu yang datang dan kebanyakan orang-orang berpikir saya menciptakan sebuah kota Lego baru setiap harinya.

Dan Anda tidak seperti itu?

(tertawa) Tidak seperti yang mereka pikirkan. Banyak rencana dan pemeliharaan yang harus dilakukan untuk Legoland. Sebagai master builder, pekerjaan saya adalah memastikan semuanya tetap dalam kondisi sangat baik. Saya menghabiskan banyak waktu untuk mengurus dan membersihkannya. Saya juga terus menerus merencanakan projek baru.

Jadi kualitas apa yang Anda tulis di resume Anda tetang pekerjaan ini?

Pekerjaan ini membutuhkan kepintaran dalam matematika serta pengamatan tajam yang kreatif. Harus mampu memvisualisasikan apapun yang sedang dibangun ke dalam 3D dan menghitung jumlah bricks yang dibutuhkan. Dan saat Anda membuat kesalahan (saya pernah membuat kesalahan), Bagian yang salah harus dipotong dengan pengukir.

Berapa usia Anda saat mulai bermain dengan Lego?

Saya mulai membuat Lego pada saat saya berusia enam tahun. Saya ingat apa yang saya buat pertama kali. Saya dulu membuat sebuah kereta gantung dari lego yang dikombinasi dengan mesin dari ruang kerja ayah saya. Saya ikat kawat kabel dari kenop pintu kamar saya sampai ke bangku dan semuanya berhasil! Saya merasa sangat senang pada saat itu.

Itu barang yang keren untuk anak usia 6 tahun.

Ayah saya adalah insinyur jadi saya punya bantuan. Ok, banyak bantuan. Dia mendorong passion saya dengan segala cara yang ia bisa. Ia juga yang membuat saya bisa bekerja di Legoland. Ia terus menyimpan beberapa lego lama saya yang akhirnya saya jadikan portofolio saat saya melamar di Legoland.

Apa yang paling menantang yang pernah Anda buat?

Bangunan yang paling menantang yang saya dan t im saya lakukan adalah miniland Star Wars di Legoland Malaysia. Keseluruhan pengerjaannya memakan waktu 8,000 jam dan menggunakan 1,5 juta bricks. Saat kalian memasuki Miniland, kalian bisa melihat bahwa kami telah membayar banyak kepada seluruh franchise Star Wars. Kami pilih beberapa adegan dan tempat yang paling terkenal di Star Wars, seperti Theed Royal Palace of Naboo (seperti pada gambar) dan Arena of Justice, dan menirunya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.