NON SEQUITUR

Hukum yang tidak biasa dan penegakan hukum asing

Augustman (Indonesia) - - Contents - PENULIS FARHAN SHAH PHOTO GETTY IMAGES

Berbicara tentang hukum yang tidak biasa

1 Raise your hands and back away f r om t hat sushi r oll

Bicara mengenai manajemen mikro pemerintahan. Negara yang memberikan dunia sushi dan sashimi yang lezat juga dapat memberikan Anda hukuman yang berat. Disebut dengan Metabo Law atau hukum metabolisme yang melarang penduduknya memiliki lingkar pinggang melebihi batas yang sudah ditentukan. Misalnya saja 33,5 inci untuk pria dan 35,4 inci untuk perempuan. Apa yang terjadi jika lingkar pinggang Anda melebihi batas? Secara halus mereka akan mendesak Anda untuk mendapatkan pencerahan mengenai fisik Anda dengan pola diet yang sudah disetujui oleh pemerintah, melakukan konseling dan pemeriksaan teratur. Kalau begitu, bagaimana dengan lingkar pinggang para sumo?

2

Fast and

footloose

Mencoba menghentikan lembaran baht Thailand yang jatuh ke tanah karena tertiup angin? Jangan menggunakan kaki Anda. Anda akan ditangkap oleh pihak otoritas karena dianggap tidak menghormati raja Thailand. Kepercayaan Thailand begitu menjunjung tinggi raja mereka, dan melakukan hal yang dianggap tidak menghormati raja mereka, seperti meletakkan wajahnya di bawah kaki Anda adalah hal yang ilegal. Bahkan pernah ada masyarakat Thailand serta orang asing yang dimasukan ke dalam penjara karena berkicau di twitter dengan maksud menyerang keluarga kerajaan.

3 Smoking isn’t a crime, unless you’re burning tobacco

Pelanggan kedai kopi di Belanda dilarang merokok tembakau di tempat tersebut. Mereka diperbolehkan merokok jika di dalamnya terkandung ganja murni. Hukum ini terdengar agak tidak biasa.

4 Put that wood down beaver, you’re under arrest

Pada tahun 1997, Michigan Department of Environmental Quality mengirim surat peringatan kepada Stephen Tvedten, memintanya untuk berhenti membangun dua bendungan yang terbuat dari puing-puing kayu di sungai yang ia miliki atau ia akan didenda $10,000 per hari. Tvedten melakukan penyerangan balik, ia mengatakan bahwa ia tidak pernah membangun bendungan apapun. Sebaliknya, bendungan tersebut merupakan hasil pekerjaan dari tetangga Tvedten, yaitu berang-berang. “Berang-berang tersebut tentu tidak memiliki uang dan tidak mampu membayar, sehingga pemerintah akan menyediakan pengacara.” Surat-menyurat yang membingungkan bolak balik terjadi sebelum pemerintah akhirnya memutuskan untuk menutup kasus ini.

5 Ladies and gentlemen, you’re having too much fun

Jika Anda menghadiri pesta di Karnataka, India, pastikan Anda sudah mengetahui peraturan yang ada. Karena di India, dalam upaya menjaga budaya dan tradisi India, otoritas di India berupaya menekan perilaku buruk dan tidak pantas. Pesta dan pertunjukkan musik yang berlangsung di kota tersebut juga harus berakhir pada pukul 10 malam dan pengelola acara harus menyerahkan daftar nama orang asing yang menghadiri acara tersebut kepada pihak otoritas. Kami berani taruhan peraturan ini tidak akan berlaku jika pesta diadakan oleh para politikus.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.