Cranking it up

Dimitri Aubert, General Manager, Luxury Timepiece Division, FJ Benjamin Singapore Pte Ltd, menjelaskan mengapa manusia modern ala Augustman pantas untuk mengenakan jam berlabel Frederique Constant dan Bell & Ross.

Augustman (Indonesia) - - Guru - PENULIS ARVADA HARADIRAN FOTO DOK.TIME INTERNATIONAL

FJ BENJAMIN, agen eklusif dari merek-merek jam tangan mewah termasuk Bell & Ross, Victorinox Swiss Army, Frederique Constant dan Alpina, belakangan ini mulai bergeliat. Didorong oleh kesuksesannya di Indonesia, holding company yang bermarkas di Singapura ini merencanakan ekpansi yang lebih luas di nusantara.

Augustman berbincang-bincang dengan Dimitri Aubert, General Manager, Luxury Timepiece Division, di FJ Benjamin, dan mempelajari tentang rencana ambisiusnya di Indonesia serta tips-tips mengenai jam tangannya.

Anda sepertinya baru membuka satu POS (Point of Sale) lagi di retail partner Anda, Intime?

Benar, pada tanggal 5 Februari 2015 kami merayakan penempatan jam tangan Frederique Constant yang terbaru pada saat pembukaan outlet Intime yang kelima di Grand Indonesia Shopping Town.

Sepertinya jam tangan merek Frederique Constant berkembang cukup pesat di Indonesia?

Benar, tahun ini kami merencanakan untuk merampungkan penempatan delapan POS di retail partner kami yaitu Time International. Juga, pada bulan Mei kami akan menggelar konferensi pers untuk Frederique Constant, yang dijamin akan membawa kabar besar bagi para penggemarnya. Tunggu saja!

Apa menurut Anda faktor kesuksesan Frederique Constant yang utama di Indonesia?

Frederique Constant terkenal akan jam tangannya yang berkualitas Swiss asli, namun dengan harga yang masih terjangkau bagi kelas menengah. Sebuah jam tangan Frederique Constant dengan komplikasi moon phase dan dengan in-house movement bisa didapat dengan harga yang dibuka di kisaran 3,500 dolar Singapura, yang merupakan harga yang fantastis untuk kualitasnya. Di merekmerek lain, jam tangan sekelasnya bisa-bisa memiliki harga yang berkisar di angka 10 hingga 15 ribu dolar.

Bagaimana dengan Bell & Ross?

Bell & Ross adalah merek jam tangan yang terkenal pertama dengan jam model pilotnya. Model-model paling populernya termasuk BR-01 hingga BR-03, dan terakhir BR-X1 yang super canggih. Orang-orang menyukainya karena selain fasadnya yang jelas dan gampang dibaca, teknologi jam tangan ini juga terus berkembang. Kami sudah memiliki komunitas kolektor Bell & Ross tersendiri di Indonesia. Pada tahun ini kami akan membuka POS Bell & Ross yang kesembilan, di Jakarta Utara. Kami juga sudah memiliki butik sendiri di Mal Pacific Place, jadi perkembangan Bell & Ross di Indonesia cukup pesat.

Perfect untuk seorang Augustman!

Benar, jika seseorang peduli akan nilai dan kualitas jam tangan yang ia beli, maka ia pasti memilih Frederique Constant. Sedangkan merek Bell & Ross sering dipilih oleh pembeli yang ingin mengekspresikan dirinya melalui jam tangan yang berkarakter. Seperti yang bisa

Frederique Constant terkenal akan jam tangannya yang berkualitas Swiss asli, namun dengan harga yang masih terjangkau bagi kelas menengah.”

Anda lihat, jam tangan Bell & Ross berbentuk kotak dan bukan bundar seperti kebanyakan jam tangan lainnya. Ini seolah menandakan pemakainya bukan seorang konformis, dan selalu ikonik.

Seberapa penting pasar Indonesia untuk perkembangan FJ Benjamin?

Sangat penting, Indonesia merupakan salah satu pasar yang terbesar di portofolio kami dan kami pun juga berkomitmen untuk terus mengembangkan pasar ini. Pertumbuhan kelas menengah di Indonesia yang dipicu oleh pertumbuhan ekonomi yang luar biasa akan menciptakan permintaan akan produk-produk jam tangan yang lebih mewah dan prestisius.

Bagaimana cara Anda mengembangkan merek Bell & Ross dan Frederique Constant di Indonesia?

Untuk Bell & Ross, kami akan fokus pada model-model kami yang berada di kisaran harga sekitar lima hingga enam ribu dolar Singapura. Model-model ini adalah model ikonik kami yang dijamin akan laris. Namun tentunya kami juga akan membawa modelmodel terbarunya seperti BR-X1. Sedangkan untuk Frederique Constant, kami akan mengonsentrasikan penjualan di model-model terlaris Frederique Constant yang terdiri dari 40 model yang dijual di seluruh dunia. Model-model inilah yang akan kami boyong ke Indonesia dan kembangkan lebih jauh.

Mari menggali sedikit mengenai Frederique Constant. Jadi sekarang ini Frederique Constant memiliki kemampuan untuk membuat mesin jam tangannya sendiri?

Benar sekali. Sekitar 25 persen dari koleksi kami kini menggunakan mesin yang dibuat sendiri ( in-house movement). Dulu, mereka memang menggunakan mesin bertipe Sellita atau Ronda yang dibeli dari pihak luar, kemudian disesuaikan dan dipasang di jamjam tangannya. Namun kini divisi R&D di Switzerland sudah mencapai tahap di mana mereka tidak hanya mampu mendesain dan membuat mesin sendiri, namun juga mampu membuat komplikasi yang makin rumit. Contohnya adalah Manufacture Worldtimer dan Zodiac Watch yang baru saja diluncurkan untuk tahun ini. Meskipun begitu, harga yang dipatok bagi jam-jam berkualitas ini tidak membuat seseorang harus menabung selama bertahun-tahun. Value proposition semacam inilah yang membuat Frederique Constant sukses mengukir namanya di hati para penggemarnya.

Bagaimana dengan perkembangan merek Bell & Ross? Apa yang bisa kita tunggu dari merek ini?

Untuk tahun ini, yang menjadi fokus utama tentunya adalah jam BR-X1, yang merupakan model terbaru mereka yang super mutakhir. Jam tangan yang luar biasa ini terbuat dari bahan carbon forge, yang harus diingat berbeda dengan carbon fiber. Ia juga menggunakan bahan titanium grade 5, high-tech ceramic, high-tech rubber, dan juga memiliki manufacture movement yang merupakan in-house movement yang khusus dibuat untuk tahun ini. Model BR-01 hingga BR-03 saja belum menggunakan manufacture movement ini. Namun, untuk tahun ini kami juga akan menampilkan beberapa edisi khusus yang terinspirasi oleh model-model populer kami, seperti model BR03-92 Military Type. Kemudian salah satu model ikonik Bell & Ross, yaitu BR-01, akan merayakan ulang tahunnya yang kesepuluh pada tahun ini.

Ia juga menggunakan bahan

titanium grade 5, high-tech ceramic,high-techrubber, dan

juga memiliki manufacture movement yang merupakan in

housemovement yang khusus dibuat untuk tahun ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.