WORK OUT

Augustman (Indonesia) - - Contents - OLEH JJ SWEENEY – SVP PRODUCT FITNESS DEVELOPMENT CELEBRITY FITNESS (WWW.CELEBRITYFITNESS.COM) FOTO DOK. CELEBRITY FITNESS

Functional training

Istilah sederhana untuk functional fitness adalah latihan fitnes untuk sehari-hari. Saat bekerja maupun saat melakukan aktifitas ataupun saat bersantai santai, Anda mengaktifkan otot, sendi dan lain sebagainya, dengan cara tertentu. Atlet dalam berbagai bidang olahraga melakukan gerakan yang berbeda-beda saat berolahraga sehingga mereka harus melatih otot mereka dengan cara yang berbeda. Disinilah peran functional training. Contoh lainnya adalah pekerja konstruksi. Mereka mengangkat berbagai bentuk obyek dengan berat yang berbeda-beda sepanjang hari. Dan seringkali mereka mengangkat bendabenda ini dengan kaki, punggung, lengan, dan lain sebagainya. Jika mereka berolahraga di tempat gymdan hanya konsentrasi pada flat bench press, apa yang mereka dapatkan tidak akan dapat diaplikasikan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Disinilah functional fitness training berperan yaitu dengan menggunakan tipe latihan fitnes yang paling berguna untuk mereka. Sebagian besar memberhidup secara sedenter dan atau kelebihan berat badan, sehingga diperlukan program-program yang bisa membantu mereka untuk bergerak dengan bebas saat work out, dan juga membantu mereka membakar kalori berlebih, supaya mereka dapat melakukan aktifitas mereka sehari-hari dengan lebih baik. Oleh sebab itu, kita harus mempersempit lagi definisi functional training.

Functional Training merupakan segala jenis latihan atau program latihan yang dibuat untuk memperbaiki gerakan dengan mempertimbangkan cara tubuh dirancang untuk bergerak.

Berikut adalah prinsip-prinsip dasar gerakan manusia:

Kita diciptakan untuk berdiri di atas kaki dan bergerak (berjalan/lari/dan lain sebagainya) dengan melawan gravitasi. Kita tidak bergerak secara terisolasi. Berbagai jenis otot dan sendi terlibat pada seluruh gerakan.

Terdapat satu elemen keseimbangan

Terdapat elemen proprioception(kesadaran posisi tubuh dalam ruang dan waktu). Untuk istilah ini diperlukan penjelasan sedikit lebih jauh. Pejamkan mata Anda dan panjangkan lengan kanan ke samping. Jaga agar mata Anda tetap tertutup dan bawa jari Anda ke hidung, tapi jangan menyentuh hidung Anda. Anda tahu dimana posisi jari relatif dengan hidung Anda tanpa harus melihatnya. Anda memiliki kesadaran alami terhadap posisi tubuh Anda dalam ruang dan waktu. Inilah yang disebut dengan proprioception.

Terdapat elemen fleksibilitas dan stabilitas

Kita tau bahwa sendi kita dapat menekuk, memanjang, bergeser, dan berputar dengan gerakan yang lebih teknikal.

Berikut adalah sejumlah alat fitnes favorit saya yang digunakan pada Functional Training workout:

Sandbell™

Apa yang membuat Sandbell menjadi salah satu alat fitnes baru yang paling bagus? Free weight statis dan solid, dumbbell, medicine balldan kettle bellsudah ada selama berabad-abad.

Sandbell neoprene sand disc sandbag weights yang inovatif dan sudah dipatenkan, sesuai dengan setiap gerakan, sehingga workout menjadi lebih efektif dengan waktu yang lebih sedikit.

Mengaktifkan lebih banyak otot, membangun grip, membakar lebih banyak kalori dan membuat workoutmenjadi lebih menyenangkan. Sangat serba guna dan terjangkau, sandbag ini merupakan salah satu bagian peralatan yang sangat penting untuk dimasukkan ke dalam program workout.

The Lebert Equalizer™

Menyederhanakan rutinitas olahraga, dan mencapai gol fitnes Anda dengan Labert Equalizer Total Body Strengthener™. Lebert Equalizer™ merupakan alat strength training yang sederhana, mudah di bawa kemanamana, tapi memiliki aneka ragam fungsi dan serba guna yang mengaktifkan lengan, dada, punggung dan otot coredengan menggunakan berat tubuh Anda sebagai resistensi, Equalizer™ saat ini digunakan oleh para penggemar fitnes pada semua level dan usia.

Partisipan menggunakan berat tubuh mereka sendiri sebagai resistensi dan menentukan level mana yang tepat untuk mereka dengan cara “self-spotting”. Self-spotting berarti kaki bisa digunakan untuk membantu usermelakukan latihan dan atau ketika mereka tidak dapat melanjutkan latihan mereka. Modifikasi sederhana (biasanya penempatan kaki) memungkinkan adanya perpanjangan set.

Dengan kemampuan untuk menambahkan lebih banyak repetisi dengan mudah (tanpa harus berhenti atau mengubah pinpada mesin atau harus dengan bantuan orang lain) produk ini menjadi sangat serba guna. Keserbagunaan ini memungkinkan useruntuk mengontrol penuh berat tubuh mereka pada latihan yang diberikan. Hasilnya adalah ketahanan dan kekuatan otot bertambah.

Smart Board™

Smart Board™ memang sangat pintar. Anda harus keluar dari keseimbangan jika ingin meningkatkan keseimbangan. Dengan 3 level keahlian yang dapat disesuaikan, balance board ini menjadi lebih menantang saat Anda semakin meningkat. Papan kayu dengan traksi karet Wooden rocker.

Gunakan Twist Smart Board™ untuk rehabilitasi dan prehabilitasi - keseimbangan dinamis dan proprioceptionmembuat ligamen, sendi dan otot agar semakin kuat untuk mencegah cedera.

Memindahkan strengthpada lingkungan olahraga functional. Para atlet juga menggunakan balance board sebagai pemanasan untuk menstimulasi sistem saraf dan mengaktifkan otot sebelum strength traininguntuk hasil yang lebih baik dan aman.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.