ENRICO PITONO

Augustman (Indonesia) - - Feature Men -

Ceritakan awal ketertarikan Anda untuk mulai mengkreasikan sebuah game? Siapa atau apa yang menginspirasi dan apakah tujuannya?

Ketika saya menjalankan pekerjaan sebagai Regional Treasury Head di sebuah bank, yaitu me-manageresiko bank dan membantu pelanggan bank untuk kebutuhan hedgingdan funding, saya bertemu dengan banyak perusahaan startupteknologi di Eropa dan Amerika, terutama yang brekecimpung di bidang mobile game. Dari beberapa kesempatan berbicara langsung dengan tim manajemen dan menganalisa kinerja keuangan industri ini, hati kecil saya mulai tertarik untuk berkecimpung di dunia ini.

Atas dorongan impian masa kecil dan salah satu founderperusahaan mobile gameterbesar di dunia yang berkantor di London, akhirnya saya mendirikan Matata Corporation dan me-release gameyang pertama, Eggward’s Lab.

Ceritakan mengenai Eggward’s Lab, mulai dari ide hingga prestasi yang telah diraih.

Memasuki tahun 2008, game portabel mulai merajai dunia per-game-an. Game seperti Angry Bird, Bejeweled, Candy Crush mulai mengisi waktu luang kita sehari-hari. Di masa inilah kecintaan saya dengan dunia gamekembali bangkit. Tetapi ada beberapa hal yang membuat saya kecewa dengan gamebaru tersebut yaitu tidak adanya tujuan akhir, cerita, dan karakter yang kuat dalam permainan. Tidak ada lagi keseruan seperti yang ditawarkan game di era 80-an, yang ada hanyalah gameyang tidak pernah tamat dan terasa sekali bahwa pemain dipaksa untuk membeli “coin” untuk menempuh level tertentu. Di saat inilah timbul hasrat untuk membuat gamesendiri yang sesuai dengan nilai tradisi gametahun 80-an yaitu: cerita, tokoh karakter yang kuat, dan fun!

Ide Eggward’s Lab pertama kali timbul saat masih bersekolah di London Business School. Saya sengaja memilih tipe match-3 gamedikarenakan kefamilirian pasar terhadap jenis permainan tersebut. Untuk membedakan Eggward’s Lab dengan produk sejenis lainnya, saya memasukan karakter-karakter yang unik untuk membantu pemain menyelesaikan tugasnya. Karakter yang diambil merepresentasikan lima negara yaitu: Inggris, Amerika, Prancis, Italia dan Rusia, yang juga merepresentasikan sifat dasar manusia seperti ambisius, kutu buku, stylishdan lainnya. Karakter tersebut terinspirasi dari teman-teman di sekolah yang kebetulan berasal dari berbagai negara tersebut diatas. Untuk karakter, saya memilih telur sebagai karakter utama karena telur merupakan bahan dasar dari pembuatan kue dimana kue merupakan itemyang digunakan dalam puzzleeggward’s Lab.

Setelah Eggward’s Lab selesai pada bulan Mei 2015, sejujurnya kita tidak tahu bagaimana cara menjualnya di pasar. Begitu kita meluncurkan di App Store dan Play Store pada bulan Juni 2015, kita tidak beriklan sama sekali. Baru setelah satu bulan berjalan tanpa hasil, kita mulai beriklan melalui Facebook di App Store Indonesia dengan tema “Download Eggward’s Lab: Produk Indonesia”. Hasilnya sangat mengecewakan. Selain tingkat download-nya sangat rendah, kita mendapat reviewyang jelek dari para downloaderyang isinya tidak percaya bahwa produk kita adalah produk buatan Indonesia.

Akhirnya, kita mengalihkan promosi Eggward’s Lab ke negara-negara lain terlebih dulu, seperti Filipina, Singapura, Malaysia, Thailand, Australia, Selandia Baru dan Belanda dengan budgettidak lebih dari US $100 per negara. Hasilnya sangat mengejutkan karena hanya dalam satu minggu Eggward’s Lab menempati posisi Top 5 App Store di negara-negara tersebut. Tidak hanya itu, momentum downloadtersebut diikuti dengan hasil customer reviewyang bagus dengan rata-rata nilai 4.5 dari 5.0. Hasil ini tidak hanya membanggakan bagi tim Matata tapi juga membuktikan kepada dunia internasional bahwa produk anak bangsa bisa bersaing dengan produk buatan luar negeri. Sudah pasti hal ini sangat memotivasi tim Matata untuk men-develop game-game berikutnya yang direncanakan akan di launchsekitar pertengahan Juni 2016.

Bagaimana sebuah gamedapat menjadi suatu cara mendapatkan penghasilan?

Untuk tipe game freewareatau freemium, keuntungan biasanya didapatkan melalui iklan atau pembelian coin atau boosteryang berfungsi untuk membantu kelancaran permainan game tersebut. Untuk saat ini kami tidak bisa menyebutkan angka keuntungan finansial Eggward’s Lab dikarenakan proses akuisisi yang sedang berlangsung, tetapi untuk tipe game match-3, kalau kita ambil rata-rata kinerja pasar, biasanya rumus pendapatan adalah sekitar US $10,000 perbulan untuk setiap 1,000,000 pemain aktif. Semakin besar pemain aktif game tersebut, semakin besar keuntungan per bulannya.

Teknologi atau gadgetapa yang sangat mendukung Anda dalam bekerja?

Kami menggunakan softwarelibgdx untuk mendesain Eggward’s Lab. Untuk server, kami menggunakan sarana AWS Amazon karena servertersebut sudah terbukti dari segi kestabilan dan juga memiliki fitur securityyang kuat. Database security adalah prioritas nomor satu bagi perusahaan kita. Ini dikarenakan data Facebook pemain Eggward’s Lab harus kita jaga agar tidak disalahgunakan oleh pihak luar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.