ADIBUANA

Augustman (Indonesia) - - Feature Men -

Hasil foto yang bagus memerlukan sebuah proses yang melibatkan kerjasama yang baik antara fotografer, stylist, dan tentu saja make up artist. Adibuana, seorang professionalmake up artist, berbagi cerita mengenai kemajuan teknologi saat ini di sela-sela kesibukannya menangani proses photoshootuntuk halaman fashion spread dan juga cover story majalah Augustman Indonesia.

Seberapa besar pengaruh sebuah gadgetdalam karir seorang make up artist?

Saya adalah seorang make up artistyang bekerja menggunakan alat-alat make up. Namun gadgetsangat penting perannya dalam mendukung pekerjaan saya. Saya perlu berhubungan dengan pekerjaan, menghubungi orang atau klien melalui telepon atau email dan juga berbagai aplikasi textingseperti Whatsapp dan Blackberry Messenger. Selain itu, saya juga berprofesi sebagai modeling facilitatoruntuk John Robert Powers Indonesia sekaligus mengelola bisnis event organizer. Tentu saja kemudahan dalam berhubungan dengan klien sangat ditunjang oleh adanya gadget.

Anda memulai profesi pada tahun 1990-an. Seperti apakah cara Anda mengelola pekerjaan di masa tersebut ketika teknologi masih belum secanggih masa kini?

Saya memanfaatkan telepon rumah atau landlinesebagai sarana berkomunikasi. Biasanya klien menghubungi saya sehari atau bahkan seminggu sebelumnya untuk menetapkan jadwal. Perlu sikap yang lebih terencana dan terorganisir agar semua berjalan dengan lancar. Kemudian teknologi mulai berkembang dan muncullah pager. Meskipun saya harus segera mencari telepon umum atau telepon landline lainnya untuk menanggapi pesan yang dikirim melalui pager tersebut, namun pagercukup menolong untuk memfasilitasi kepentingan-kepentingan urgent.

Seperti apa fungsi gadgetdalam mendukung aktivitas profesional Anda?

Saya memerlukan smartphonedan ipad untuk membantu saya berhubungan dengan orang lain terutama klien. Saya menggunakan sosial media sebagai sarana promosi. Sangat efektif karena semua orang di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia dapat mengenal saya sekaligus mengetahui kegiatan apa yang sedang saya lakukan melalui sosial media. Peran kamera yang tersemat pada smartphone juga memungkinkan saya meng-uploadfotofoto dengan kualitas editan yang bagus di sosial media sehingga posting-an saya tampil lebih menarik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.