I’m Not (S)kidding

Ducati Multistrada 1200 memerhatikan keselamatan secara serius

Augustman (Indonesia) - - Motoring - PENULIS CONRAD GABRIEL HO FOTO DUCATI

SAYA SUDAH CUKUP LAMA MENJAUH DARI SEPEDA Motorsejak tergelincir di jalan raya dan hampir mengalami kecelakaan. Tapi saya serius mempertimbangkan kembali untuk berkendara begitu mengetahui Ducati meluncurkan sepada motor yang “uncrashable”.

The New Multistrada 1200 hadir dengan jaminan bahwa sangat tidak mungkin motor ini mengalami kecelakaan, kecuali tentu saja karena Anda sendiri menabrak sesuatu atau ditabrak. Hal ini mungkin terwujud karena peningkatan pada sistem pengereman terbaru bernama Anti-lock Braking System(abs) dan juga dilengkapi system keamanan anti slip yang lebih stabil. Sensor yang mengukur pergerakan motor di setiap arah memungkinkan Miltustrada untuk mencapai pengereman atau percepatan berdasarkan tractionyang tersedia di ban, bahkan saat dalam posisi miring.

Luas biasa, bukan? Masih ada kehebatan lainnya. Sepeda motor ini dilengkapi fitur terbaru Bosch yakni Motorcycle Stability Control (MSC), yang terdiri dari lima sumbu sensor kemiringan, sensor kecepatan roda, dan sistem ABS terbaru dari Bosch. Sistem ini bekerja secara berkait satu sama lain untuk memberikan jumlah maksimum tekanan pada rem atau torsi yang diizinkan oleh tractionyang ada, dan selalu diperbaharui ratusan kali per detik.

Dalam istilah awam, sepeda motor ini bereaksi secara real-timemengikuti perilaku berkendara dan kondisi jalanan Anda. Daya outputmaksimum mesin eightvalve V-twin juga telah meningkat 10bhp menjadi 160bhp, sehingga tentu terasa sangat jelas bahwa motor ini dapat membawa beban dengan lebih baik. Namun, lebih jauh dari semua itu, inovasi utama motor ini adalah pengenalan Desmodromic Variable Timing(dvt), yang memberikan tenaga dan kelancaran torsi dengan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah.

Sejatinya, aman atau tidaknya mengendarai motor di jalanan kita yang sibuk ini juga dipengaruhi oleh rasa tidak sabar dan egoisme sikap pengemudi lain. Tapi saya sendiri sudah merasa lebih aman kala mengendarai Multistrada sebab sepeda motor ini memiliki semua fitur untuk membantu saya menghindari bencana selip ketika pengguna jalan lain seenaknya memotong jalur saya tanpa memberi peringatan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.