Google Glass

Augustman (Indonesia) - - Epilogue Too Good To Be True - FOTO BERBAGAI SUMBER ALDO FENALOSA TEKS

Google Glass akan membuat pemakainya terlihat seperti tokoh-tokoh dalam film fiksi ilmiah futuristik, dengan perangkat “visor” bertengger di kepala. Perangkat yang serupa pernah ditampilkan dalam film Star Trek: Insurrectionpada tahun 1998. Google Glass memiliki banyak fitur yang memampukannya menangkap gambar atau video, dan berbagai aplikasi Google lainnya seperti Search, Maps, Translate, dan Play Music.

Siri

Siri adalah, asisten pribadi pintar yang menolong Anda menyelesaikan segala sesuatu cukup dengan berbicara. Bak Jarvis dalam film Iron Man, Siri memungkinkan Anda menggunakan suara Anda untuk mengirim pesan, jadwal pertemuan, melakukan panggilan telepon, dan lainnya. Tetapi Siri tidak seperti perangkat lunak pengenalan suara konvensional yang mengharuskan Anda untuk mengingat kata kunci dan menyebutkan perintah tertentu. Siri mengerti suara natural Anda, dan Siri menanyakan sesuatu jika memerlukan informasi lebih lanjut untuk menyelesaikan tugas.

Virtual Reality

VR atau Virtual Reality, sebuah teknologi yang diadaptasi dari film Matrixmembuat pengguna atau userdapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, jadi kita merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Sistem ini bukan hanya untuk game, tapi benar-benar bisa berguna untuk banyak bidang dalam kehidupan manusia sehari-hari seperti untuk latihan simulasi di tempat-tempat tidak memungkinan atau simulasi militer atau mendesain mobil.

Invinsible Cloak

Tim ilmuwan dari California mengembangkan jubah yang ultra tipis dan bisa digunakan untuk melapisi objek berbentuk 3D menjadi datar alias 2D. Saat cahaya menyoroti jubah, titik-titik nano mengubah gelombang cahaya yang terpantul sedemikian rupa agar mengelabui tampilan objek menjadi datar. Hal yang perlu digarisbawahi, jubah ini tidak betul-betul bisa melenyapkan seseorang dari pandangan mata, namun membuat bentuk objek menjadi datar bila dilihat dari depan dan rentang terbatas dari gelombang optik.

Sticky Gloves

Sticky glovesadalah teknologi sarung tangan terbaru yang dapat menempel pada permukaan apapun. Sticky glovesdigunakan oleh Tom Cruise untuk memanjat Menara Burj Khalifa di Dubai dalam film Mission Impossible. Dalam pengoperasiannya, sticky gloves menggunakan baterai. Di dunia nyata, peneliti dari Stanford University tengah mengembangkan bahan berdasarkan tekstur kaki tokek. Sehingga ketika sarung tangan tersebut dikenakan dapat membantu orang merayap di permukaan vertikal layaknya tokek. Banyak gadgettampak brilian saat digunakan dalam berbagai film. Ide-ide futuristik memukau penonton yang melihat kecanggihan gadgettersebut saat digunakan sang pemeran utama. Namun siapa sangka alat yang tadinya hanya sebatas rekaan imajinasi dalam sebuah film menjadi benar-benar ada dalam

kehidupan nyata kita.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.