BREAK POINT

Maria Sharapova telah bermain tenis selama 14 tahun namun ia masih segesit dahulu

Augustman (Indonesia) - - Maria Sharapova - TEKS NICK MCGRATH/ THE DAILY TELEGRAPH/ THE INTERVIEW PEOPLE/AMELIA NURTIARA FOTO DOK. BERBAGAI SUMBER

Maria Sharapova telah menjadi pemain tenis profesional sejak lama (tepatnya 14 tahun), mungkin beberapa dari kita mengira ia sudah pensiun. Ia baru berusia 28 tahun ketika berada di puncak karirnya. Ia memenangkan banyak gelar dari Grand Slam, menjadi bintang olahraga yang dulu pernah dimiliki sang legenda tenis John Mcenroe. Maria Sharapova bukan sekedar wanita biasa melainkan luar biasa.

Seberapa sering Anda bepergian?

Setiap bulan, dan menghabiskan waktu berjamjam di pesawat, ke beberapa negara, untuk turnamen. Beberapa bulan terakhir, saya sudah ke Paris, Roma, Stuttgart untuk Porsche Grand Prix serta Florida. Saya juga berada di Inggris untuk Wimbledon.

Apa yang Anda butuhkan untuk liburan yang sempurna?

Dimana ada pantai kesanalah saya suka berlibur. Pantai terfavorit di seluruh dunia adalah di Long Key, Florida, dekat dengan rumah saya. Hanya berjalan kaki beberapa menit dari rumah saya, tempat paling tenang sedunia, dimana saya bisa melepaskan energi saya. Privasi juga penting bagi saya terlebih di hari libur, dengan ditemani segelas sangria.

Bagaimana cara Anda menghabiskan waktu saat berlibur?

Saya paling senang memiliki pengalaman akan budaya, adat istiadat dan kulinari pada suatu tempat. Jika saya berada di kota besar, saya mencoba untuk melihat dan melakukan segala hal sebanyak mungkin. Biasanya saya mengumpulkan rekomendasi dari teman, majalah atau saya menyimpan catatan di jurnal dan ketika tiba di kotanya, saya mencoba untuk mengunjungi beberapa tempat-tempat yang menarik.

Bagaimana cara Anda memanfaatkan waktu luang?

Biasanya saya menghabiskan banyak waktu di pesawat untuk mengerjakan proyek yang tertinggal dimana saya bisa bertukar pikiran dan mendapat inspirasi untuk bisnis ke depannya. Bahkan saat berlibur pun, saya mencoba untuk tetap disiplin dan tidak mengambil lebih dari satu hari libur pada waktu latihan. Setiap kali bepergian, yang terpenting bagi saya adalah berada di lingkungan yang nyaman sehingga saya dapat menikmati hari yang indah selama pelatihan.

Di negara mana Anda mengalami cultureshock terbesar?

Saya telah bepergian secara ekstensif untuk karir saya dari usia yang sangat muda, jadi saya tidak bisa bilang bahwa setiap tempat telah memberi culture shock karena perbedaannya. Saya menikmati tradisi dan adat budaya yang berbeda, yang paling jelas terasa di Cina. Masakan di Cina terkadang juga tidak biasa, saya orang yang gemar makan sehingga saya tidak keberatan mencoba hidangan lokal. Saya tidak berpergian ke luar tapi saya menjelajahi rasa lokal yang otentik dan saya siap diajak ke tempat-tempat makanan lokal terbaik. Saya pernah mendengar bahwa kita bisa makan kucing atau anjing disana namun nyatanya hanya seekor bebek goreng saja. Di beberapa negara, Anda mendengar orang berbicara dan Anda mungkin berpikir mereka marah satu sama lain, tetapi sebenarnya mereka memiliki percakapan yang sangat menyenangkan bahkan romantis... Anda saja yang tidak tahu.

Anda sudah keliling dunia. Negara mana yang paling indah?

Berada di Paris selama tiga minggu untuk French Open selalu istimewa. Meskipun saya tidak bisa menjelajahi kota karena saya sibuk berlatih dan bertanding, setiap kali saya ke sana, saya mencoba untuk pergi ke tempat yang berbeda dan menemukan restoran baru atau butik yang belum pernah saya coba sebelumnya. Setiap negara yang saya datangi untuk bermain tenis memiliki keunikan masing-masing. Tetapi, saya merasa berada di tempat yang tidak dikenal setiap kali ke Jepang. Seperti di luar zona nyaman saya, seolah-olah saya sedang berpetualang dan menemukan tempat baru setiap saya kunjungi.

Tempat yang paling berkesan selama bermain tenis?

Yang terakhir selama di Winter Olympic Games di Sochi, saya diminta untuk membawa obor. Saya berada di sana untuk mengunjungi dan membuka pertandingan tenis di mana saya pertama kali belajar bermain tenis. Sochi adalah tempat yang indah dan sangat berarti bagi saya selama pertandingan.

Tempat yang paling romantis?

The Amanwana Resort di Indonesia. Saya naik pesawat amfibi untuk sampai ke pulau kecil ini dan tinggal di tenda-tenda mewah dengan suara monyet dan rusa sebagai sapaan khas di pagi hari. Pergi berenang di laut saat matahari terbenam adalah keajaiban.

Perjalanan yang paling berkesan?

Saya baru-baru ini melakukan perjalanan dengan teman sepanjang pantai California. Kami mengendarai 911 Carrera saya dan melewati Malibu dan Santa Barbara, berhenti di sepanjang jalan untuk menikmati pemandangan tebing yang indah dan sinar matahari yang luar biasa. Itu selama tiga hari tapi kami merasa lebih.

Hotel favorit?

The Peninsula di Tokyo untuk hal pelayanan dan breakfast. Amangiri di Utah untuk boat trip di sepanjang Lake Powell dan II San Pietro di Positano di Italia untuk pemandangan.

Pengalaman travelling terburuk?

Saya sudah tidak punya pengalaman bepergian mengerikan dan saya mencoba untuk menemukan hal positif di setiap tempat yang saya kunjungi. Tapi sebelumnya, selama tur junior karir saya, saya pernah menginap di beberapa hotel yang menarik, beberapa diantaranya adalah bekas penjara. Namun sangat menyenangkan.

Airlines favorit?

Penerbangan internasional kelas pertama adalah Singapore Airlines. Sangat mewah.

Saran terbaik pada saat bepergian?

Less is more adalah kuncinya. Anda bisa menyiasati barang penting apa saja yang bisa dibawa. Pastikan tidak ada yang tertinggal atau lupa dibawa selama perjalanan.

Hal yang tidak Anda sukai pada saat liburan?

Kemacetan dan kurangnya tempat parkir. Tingkat kesabaran saya tidak terlalu tinggi, itu kesulitannya.

Apa yang Anda dapatkan dari travelling?

Tidak ada cara yang lebih baik untuk mendapatkan perspektif global dengan cara travelling. Dengan bermain tenis memberi saya hal tersebut karena tenis adalah olahraga tingkat dunia dengan penggemar dari latar belakang dan budaya yang berbeda-beda. Travelling telah membentuk saya untuk melihat dunia dan membuat saya mengerti banyak pengalaman dan mencapainya.

Selanjutnya akan diadakan dimana?

Akhir tahun ini di musim gugur, saya akan ke beberapa negara di Asia, termasuk Cina serta Singapura untuk BNP Paribas WTA Finals. Saya sedang mempersiapkan itu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.