ZALFRID PARDOMUAN

Rise by Yourself

Augustman (Indonesia) - - A- Listers - TEKS ALDO FENALOSA CREATIVE DIRECTOR MIRANDA TOBING FOTO WILLIE WILLIAM VIDEO EDITING I.G. RADITYA BRAMANTYA LOKASI H GOURMET & VIBES, JL. GUNAWARMAN NO. 41 TEL +62 21 27510167

KESAN MENYENANGKAN langsung terasa saat berbincang pertama kalinya dengan Zalfrid Pardomuan. Pria ini menjabat sebagai direktur di Goodrich Global Indonesia, sebuah perusahaan worldwide di bidang desain interior yang membuka basis di Jakarta sejak tahun 1991. Baginya desain interior bukan hal baru, bahkan sebelum ia beranjak dewasa. Sebab, orang tua Zalfrid juga telah lama bergelut di bidang tersebut. “Goodrich Global Indonesia ini kebetulan pendirinya adalah orangtua saya, beliau mendapat kepercayaan dari head company di Singapura untuk mengembangkan cabang di Jakarta. Sejak saya masih kecil, saat sarapan, makan siang, dan makan malam selalu terdapat perbincangan mengenai bisnis. Secara tidak langsung akhirnya itu semua berada di dalam darah saya,” kata Zalfrid sambil sesekali bersenda gurau saat ditemui di H Gourmet & Vibes pada awal November silam.

Meski mewarisi bisnis sang ayah, Zalfrid tidak serta-merta dimudahkan dan langsung berada di jajaran tertinggi perusahaan tersebut. Oleh ayahnya, Zalfrid ditempa mulai dari bawah ketika ia secara resmi bergabung pada tahun 2002. Selang 13 tahun, dengan kemandirian dan kerja keras, hampir semua posisi dan tanggung jawab pekerjaan yang ada di Goodrich Global Indonesia telah berhasil dilalui Zalfrid hingga duduk di kursi direktur saat ini. Di tangan Zalfrid, Goodrich kini berhasil memiliki 12 galeri yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia. Pencapaian itu sangat berarti karena sejak pertama kali ambil andil, ia merasa selalu tertantang untuk membuat perusahaan itu terus berkembang.

“Tantangannya bagaimana suatu perusahan yang dibangun oleh orang tua itu tidak boleh stagnan. Tapi tidak menjadi beban karena saya memiliki tim yang baik, manajerial yang baik dan great adviser yaitu dari ayah saya sendiri,” ujar Zalfrid yang sejak kecil juga menyukai dunia otomotif. Bahkan sebelum resmi menjalankan roda perusahaan Goodrich Global Indonesia, ia sempat berinisiatif lebih dulu merambah bidang otomotif untuk belajar berbisnis.

Menurut Zalfrid, desain interior di Indonesia cukup potensial karena pelaku dalam bidang ini memiliki sumber daya yang kompeten baik dari seniman maupun dari sektor industrinya. Tidak heran bila desain interior di Indonesia terus berkembang meski pasar ekonomi Asia Tenggara secara umum dianggap belum stabil. “Saya bangga desain interior di negara kita terus tumbuh bersama orangorang yang memang memiliki kemampuan untuk itu,” kata pria yang hobi mengoleksi jam tangan ini. Baginya, jam tangan bersama paduan sepatu dan ikat pinggang adalah aksesoris wajib bagi seorang pria dalam berpakaian.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.