JERRY WINATA

Be a Man of Value

Augustman (Indonesia) - - A- Listers - TEKS ALDO FENALOSA CREATIVE DIRECTOR MIRANDA TOBING FOTO RIO PRAYOGO VIDEO EDITING I.G. RADITYA BRAMANTYA LOKASI AMBER CHOCOLATE BAR, JL. SENOPATI RAYA NO. 61, JAKARTA SELATAN TEL +62 21 29044412

ISU-ISU SOSIAL DAN LINGKUNGAN menjadi perhatian lebih Jerry Winata dalam kesehariannya kini. Jerry yang berlatar belakang akademis komunikasi advertising awalnya tidak membayangkan akan dekat dengan ranah tersebut. “Waktu kuliah saya malah cenderung ke bidang usaha, baru pada saat lulus, tidak sengaja bekerja sebagai interpreter. Bekerja dengan NGO, PBB, dan lembaga-lembaga internasional lain sebagai interpreter. Karena background saya adalah komunikasi, mereka juga hire saya sebagai staf komunikasi,” ujar Jerry yang kini menjabat sebagai Regional Head ASEAN di Robertsbridge Consultants, sebuah perusahaan konsultan asal Inggris yang fokus mengembangkan sustainability strategies untuk berbagai perusahaan nasional maupun global. “Sekarang kita membantu klien untuk tetap berbisnis namun tetap ramah lingkungan,” sambungnya.

Kali pertama ia terlibat langsung ke dalam isu-isu sosial dan lingkungan adalah ketika mendapat kesempatan mengembangkan strategi komunikasi untuk campaign perubahan perilaku dan pencegahan HIV/AIDS di Indonesia pada tahun 2007. “Ketika terlibat di sana saya benar-benar ikut ambil bagian dari sisi development secara umum hingga human development- nya. Adalah sesuatu yang bisa saya banggakan, mengerjakan sesuatu di bidang saya sekaligus membuat perubahan nyata dalam pembangunan Indonesia,” ungkap Jerry saat berbicang dengan Augustman Indonesia di Amber Chocolate Bar pada pertengahan November silam.

Campaign project itu lalu membuat pria yang saat kecil bercita-cita sebagai diplomat ini mulai menyukai pekerjaan yang tidak hanya money oriented. “You still can be professional but you don’t have to sell your soul, yang fokusnya hanya meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. Setelah itu saya baru menyadari bahwa kapasitas dan skill yang kita miliki bisa digunakan untuk perubahan nyata dari sisi pembangunan dan sebagainya,”.

Campaign itu ternyata menarik perhatian World Bank pada tahun 2009 dan mempercayakan Jerry untuk menggarap Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di Indonesia. Sebelum di Robertsbridge Consultants sekarang, United Nations World Food Programme juga menarik Jerry untuk berkontribusi dalam bidang sosial kemasyarakatan. “Utilizing what you do best and concentrate on your capacity. Mungkin itu yang membuat saya mendapat kepercayaan dari orang-orang besar yang jauh lebih berpengalaman dari saya. Passion dan totalitas dalam bekerja akan membuat hasil akhir yang lebih bernilai, meski dampaknya belum bisa dirasakan secara masif,” sebut Jerry yang dalam penampilannya adalah tipe orang yang tidak suka monoton. Misalnya saat mengenakan kemeja dan bawahan yang formal ia senang memadankan sneakers untuk kesan yang lebih playful.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.