MAN ON A MISSION

Artistic Director dari Vacheron Constantin bercerita akan inovasi dan pengembangan desain

Augustman (Indonesia) - - Special Feature - TEKS RIGA RAMADHAN FOTO DOK. VACHERON CONSTANTIN

VACHERON CONSTANTIN, yang berada dalam naungan grup Richemont, merupakan salah satu brand jam tangan mewah tertua di dunia. Pada saat peluncuran koleksi jam tangan terbaru mereka, Harmony, di Singapura pada beberapa waktu yang lalu, Augustman Indonesia mendapatkan kesempatan untuk wawancara secara eksklusif dengan Christian Selmoni. Kami berbincangbincang dengannya selaku Artistic Director dari brand jam tangan yang pada tahun ini merayakan ulang tahun yang ke-260, untuk mengetahui lebih lanjut tentang perkembangan brand jam tangan yang satu ini.

Anda menjadi Sales Administration Manager saat pertama kali bergabung dengan Vacheron Constantin pada tahun 1990. Pada saat itu, apakah Anda pernah bermimpi untuk bisa berada di Vacheron hingga saat ini dan kemudian menjadi Artistic Director?

Tentunya tidak. Ketika saya pertama kali bergabung dengan Vacheron Constantin, situasinya belum seperti saat ini. Namun, saya sangat beruntung bisa mengambil bagian dalam berkembangnya brand yang saya cintai ini. Saya menganggap hal ini adalah kesempatan yang sangat besar untuk saya dan saya sangat menghargai pekerjaan yang saya lakukan. Pekerjaan saya merupakan sebuah pekerjaan yang sangat menarik, karena pekerjaan ini juga sesuatu yang saya sukai dalam kehidupan pribadi saya di luar kantor.

Sebagai Artistic Director, bagian manakah yang paling penting dalam pekerjaan Anda?

Sebagai sebuah brand yang berusia 260 tahun, kami memiliki kewajiban untuk membuat produk yang bersifat long lasting tanpa melupakan DNA brand kami. Dalam pekerjaan sangat penting untuk konsisten serta menyeimbangkan desain dan teknik dalam membuat jam tangan. Konsistensi merupakan salah satu elemen yang paling penting untuk kami. Terlebih lagi kita sedang hidup dalam zaman digital dan produk yang lebih cepat usang, jadi kami di Vacheron Constantin berusaha membuat suatu produk yang tahan lama. Contoh terbaik adalah jam tangan model Patrimony yang kami rilis pada tahun 2004. Jam ini menjadi jam tangan ikonik kami dan juga contoh nyata dari sebuah produk yang bersifat long lasting. Mendengarkan keinginan dari pihak konsumen dan kolektor juga memberikan masukan yang baik untuk saya dan tim saya.

Untuk sebuah brand yang memiliki sejarah selama 260 tahun, seberapa jauh Anda akan mendorong batasanbatasan dalam segi desain?

It’s a difficultquestion. The right answer for your question is depends on which area. Saya pikir proses kreatif berikutnya dalam segi desain mencakup Metiers d’art. Cakupan ini lebih kepada sebuah penggabungan kerajinan dekoratif yang dikombinasikan dengan seni pembuatan jam dan teknik pembuatan jam yang telah kami kuasai tanpa melupakan juga unsur dari DNA brand kami. Inilah proses kreatif yang bisa kita kembangkan lebih banyak untuk produk-produk kami selanjutnya. Tantangan seperti apa yang timbul saat memproses ide atau konsep awal menjadi sebuah koleksi baru? Menghormati tradisi pembuatan jam tangan yang sudah berjalan selama 260 tahun merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi kami. Namun di satu sisi, hal ini menjadi sebuah sumber inspirasi untuk terus berinovasi dan memperkenalkan sebuah konsep dan jam tangan terbaru. Saat merancang sebuah koleksi jam tangan terbaru, bukan hanya menciptakan sebuah jam tangan, kami memikirkannya dengan sangat cermat dan penuh pertimbangan. Hal ini sangat penting bagi kami. Sama seperti saat kami menciptakan jam tangan dalam koleksi Harmony yang kami rilis tahun ini. Harmony ini merupakan sebuah koleksi jam tangan yang terinspirasi dari sebuah chronograph yang diperkenalkan pada tahun 1928. Melalui koleksi ini kami ingin mewujudkan sebuah interpretasi yang kontemporer atas pengukuran waktu. Tantangan utamanya adalah bagaimana menciptakan sebuah koleksi jam tangan yang kontemporer dengan menjembatani masa lalu dan masa kini. Membawa sesuatu yang diperkenalkan pada tahun 1928 ke tahun 2015. Itulah yang ingin kami tampilkan dalam koleksi Harmony.

Dari ide awal hingga proses realisasi, berapa lama waktu yang diperlukan untuk pembuatan koleksi Harmony?

Mengenai waktu, semuanya tergantung dari kompleksitas dalam jam tangan yang ingin kita buat. For Harmony collection, it’s very technical. Kami pertama kali mengembangkan mekanisme yang ada dalam jam tangan tersebut kurang lebih 7 tahun yang lalu pada tahun 2008. Untuk segi pandang desain secara keseluruhan, waktu yang dibutuhkan cukup singkat. Hanya 2 tahun yang kami perlukan untuk membuatnya dari nol hingga menjadi keseluruhan koleksi.

Dalam hal inovasi dan pengembangan desain secara keseluruhan, what’snextfor Vacheron Constantin?

Semua yang kami lakukan selama 260 tahun terakhir ini sangat penting karena hal ini yang membentuk identitas dari brand kami. Untuk inovasi dan pengembangan desain di masa depan, sangat penting bagi kami untuk terus tetap setia dalam tradisi dari DNA brand kami. Ini adalah sebuah tantangan, namun masih ada ruang untuk inovasi bagi kami di masa depan. Kami bisa menerapkan berbagai inovasi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kami ingin merancang suatu produk yang memiliki kecanggihan tertentu dengan desain klasik dan elegan serta dikombinasikan dengan teknik yang sempurna, teknologi terbaru serta material yang spesial.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.