Card Sharks

Jangan terlalu bergantung pada bank, gunakan kartu kredit dengan strategi cerdas

Augustman (Indonesia) - - Dollars & Sense - TEKS FARHAN SHAH + ALDO FENALOSA FOTO GETTY IMAGES

SEBUAH KARTU KREDIT adalah dua mata pisau, bisa menjadi anugerah dari Tuhan tapi di sisi lain bisa menjadi kutukan finansial. Seperti alat transaksi lain, kartu kredit menawarkan keleluasaan untuk berbelanja yang bahkan mudah disalahgunakan tanpa memikirkan efek fiskal. Meski Anda adalah tipikal pria yang cermat mempertimbangkan sesuatu dengan luar biasa, termasuk ketika membayar tagihan tepat waktu, ada cara lain untuk memaksimalkan penggunaan kartu plastik Anda itu. Mark Cheng, editor Moneysmart.sg, mengungkapkan beberapa strateginya.

Adakah strategi khusus dalam mengajukan aktivasi kartu kredit? Saya dengar pengajuan kartu kredit baru yang paling pas adalah dalam periode pembebasan biaya untuk pembatalan kartu kredit terdahulu.

Membatalkan kartu kredit Anda terutama saat pertama kali memilikinya adalah sebuah persepsi yang salah kaprah. Banyak orang tidak mengetahui sebetulnya kartu tersebut juga berfungsi sebagai cacatan kredit Anda. Bila Anda membatalkan kartu kredit berarti menghilangkan kesempatan Anda dalam mendapatkan kredit dari bank. Bank, asuransi, dan pemberi pinjaman sejenisnya kerap berpedoman pada nilai kredit Anda untuk melihat apakah Anda memenuhi syarat untuk produk kredit yang diajukan. Strategi sebenarnya adalah harus menjaga jarak dengan promosipromosi yang mengajak Anda untuk kartu kredit baru atau kartu kredit populer yang padahal jarang update.

Bagaimana caranya agar bisa bebas dari biaya tahunan? Ada perusahaan yang ketat mengenai hal ini.

Salah satu pertimbangan utama untuk pembebasan biaya adalah aspek seberapa banyak nilai transaksi yang Anda gunakan dengan kartu kredit. Jika bank melihat bahwa Anda tidak terlalu banyak menggunakan kartu, logikanya mereka tidak akan memberi kemudahan pembebasan biaya tahunan Anda. Tapi kebanyakan bank memilih untuk menawarkan bonus yang lebih tinggi contohnya Anda akan mendapat extra miles ketika Anda membayar biaya tahunan atau memperbaharui kartu Anda. Jadi sebenarnya, kadang tidak sia-sia Anda membayar beberapa ratus dolar karena juga mendapat peningkatan bonus.

Adakah sejumlah rahasia yang ditutupi perusahaan kartu kredit dari nasabahnya?

Sebenarnya, keuntungan perusahaan kartu kredit didapat dengan memanfaatkan bunga kredit yang terakumulasi dari pemakai kartu kredit. Bunga ini mengikis pos pengeluaran berupa reward pada costumer mereka. Karena itu, Anda harus berusaha membayar tepat waktu jatuh tempo kartu kredit, menghindari bunga tersebut. Satu hal lagi, Anda harus cermat melihat reward yang dikeluarkan bank. Ada bank yang memberi reward bila Anda belanja banyak dalam waktu yang singkat tapi ada juga yang sebaliknya. Jadi agar mendapat reward maksimal, Anda tidak bisa pukul rata dalam hal itu.

Jika saya adalah penggila belanja dengan kartu kredit, apakah ada strategi untuk menjadi ideal?

Displin adalah kunci utama mengelola kartu kredit. Bahkan sebelum melangkah lebih jauh, strategi pembayaran terbaik adalah melunasi tagihan kartu kredit Anda melalui GIRO. Pertimbangan porsi finansial bulanan Anda adalah hal penting sebab bila melampaui tenggat waktu pembayaran, bunga yang dibebankan akan sangat memberatkan. Dewasa ini, orang lebih memilih mengajukan pinjaman pribadi untuk membayar tagihan tepat waktu karena resiko dan beban bunganya lebih kecil. Mark Cheng adalah editor publikasi online di Moneysmart.sg. Ia juga mengurus aspek sosial media dari portal tersebut.

Menurutnya, wawasan finansial

adalah kunci untuk membangun masyarakat Singapura.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.