Hoist Sail!

Berlayar dengan yacht dan berburu seafood segar di Saint Martin

Augustman (Indonesia) - - Destination - TEKS HAL PEAT + MAXIMILLIAN SAMUEL PUJI FOTO GETTY IMAGES

SAINT MARTIN membuat saya bingung. Merupakan pulau Karibia yang dibelah menjadi dua wilayah, setengah milik Prancis dan setengah milik Belanda, dan juga memiliki beberapa nama. Saint-martin, Sint Maarten, St Maarten, bahkan SXM (IATA identifier bagi bandara di pulau utama, Princess Juliana International Airport), semua tergantung pada bagian mana dari pulau tempat Anda berada.

Namun, meskipun bunga mawar diberi nama lain, tetaplah harum seperti Saint Martin, meskipun memiliki krisis identitas, menawarkan beragam water sport bagi para pecinta lautan. Terdapat teluk-teluk tenang, laguna, serta beberapa world class marina di sepanjang pesisirnya yang memungkinkannya menjadi ajang kompetisi sailing.

Saya berkesempatan mencoba kekuatan tangan dalam tantangan 12 Metre. Dalam pengalaman setengah hari di lepas pantai Philipsburg. Para partisipan berlayar di atas perahu balap America’s Cup dalam sebuah ajang turnamen layar America’s Cup yang telah dimodifikasi dan diperpendek. Yacht yang bertanding adalah sang pemenang Satrs & Stripes milik Dennis Conner, dengan pesaing Canada II, True North, dan True North IV. Semuanya dibuat untuk ditandingkan sebelumnya di 12 Metre America’s Cup di Australia pada tahun 1987, dan merepresentasikan desain-desain terbaiknya, dengan panjang 21 meter dan tiang-tiang yang tingginya melebihi tinggi gedung 8 lantai.

Para tamu dapat turut menarik winch, menggulung layar, atau hanya duduk menikmati petualangan ini. Saya mengambil beberapa momen mengesankan dalam perjalanan tiga jam di atas kapal cantik ini. Layar yang terkembang ditiup angin, pecahan ombak yang terhempas, serta keriuhan anggota tim saat bersorak begitu kami mendekati garis finish.

Bukan hanya competitive sailing di Saint Martin. Cuaca hangat sepanjang tahun serta perairan yang menguntungkan perahu-perahu untuk menepi menjadikan pulau ini ideal bagi operator charter di marina serta beberapa titik lain di sepanjang pantai.

Biasanya para penyedia layanan tersebut memberikan pilihan mulai dari jam berlayar, itinerary, tipe serta model sailboat yang Anda inginkan. Yang paling penting adalah Anda dapat mem- booking seorang crew atau menaikinya sendiri.

Anda memiliki akses layanan operator first-class sailing di Marina Fort Louis di Marigot, kota utama di belahan Prancis pulau ini. Menu charter bervariasi mulai dari seminggu, itinerary dengan crew lengkap untuk menyeberang ke pulau-pulau di jajaran kepulauan Leeward – St Barths, Anguilla, Saint Kitts, dan Nevis, tergantung musim – hingga tujuan terdekat menyusuri pantai dengan atau tanpa crew untuk satu hari. Operator

Menarik winch, menggulung layar atau hanya duduk menikmati petualangan

akan menyesuaikan itinerary Anda dan menambahkan hal-hal lain yang Anda inginkan.

Yachter favorit lainnya di Marigot juga memiliki deretan penjual kerajinan serta Saturday night buffetand dance yang digelar di Captain Oliver’s di Oyster Pond.

Hanya 10 menit dari Marigot ke arah Grand Case, dengan deretan tempat makan di sepanjang jalan utamanya, menyajikan hidangan world class hingga lokal. Suasana sederhana namun chic.

Terdapat Orient Bay dekat Grand Case ke arah Timur. Terkenal dengan windsurfing, parasailing, serta beberapa olahraga air dan udara yang ekstrim. Sebagai alternatif, terdapat banyak dining spot berkualitas di tepi pantai.

Seafood yang sempurna disajikan di setiap restoran di Saint Martin. Biasanya terdapat ikan-ikan besar yang baru ditangkap dari perairan sekitar. Apakah pengalaman pertama atau Anda adalah seorang yang berpengalaman, berburu ikan besar di perairan Saint Martin sangat menyenangkan dan merupakan rute perjalanan yang dapat Anda lakukan.

Di belahan Belanda terdapat Lee’s Deep Sea Fishing yang dinamai dengan nama pemiliknya, seorang ahli deep sea fishing dengan pengalaman lebih dari 4 dekade. Segala sesuatu telah disipakan, Anda hanya perlu datang pada waktunya. Segala perlengkapan – fishingtackle, makanan, dan light lunch dalam full day trip – diurusi oleh tim Lee. Terdapat beberapa macam ikan blue atau white marlin, wahoo, mahi mahi, dan tuna. Ekspedisi mulai dari 16 hingga 20 kilometer untuk setengah hingga sepertiga hari perjalanan, serta sekitar 30 hingga 50 kilometeruntuk perjalanan sehari. Semua tergantung pada kondisi cuaca. Lee memiliki perlengkapan grill di tepi pantai. Terdapat perasaan puas tersendiri ketika menyantap hasil tangkapan Anda sendiri.

Di hari-hari terakhir saya di Saint Martin, saya melakukan kayaking di Simpson Bay Lagoon, laguna air asin terluas. Pendahuluan pre-kayak diperlukan untuk mempersiapkan diri bagi para pemula agar merasa nyaman serta mengajarkan beberapa tips mendayung kayak seperti seorang profesional.

Sepanjang tour saya melihat kepiting dan iguana di karang, ubur-ubur, teripang, bahkan ikan terbang di perairan. Saya juga sempat menyaksikan seorang kayaker berpengalaman mendayung melewati beberapa gelombang di laguna.

Tidak seperti sampanye yang diasosiasikan selalu dari Prancis Utara, bourbon tidak selalu identik dengan Kentucky. Minuman ini bisa diproduksi di bagian Amerika Serikat mana saja, seperti New York, dimana Tuthilltown Spirits Farm Distillery berada. Ladang penyulingan ini juga merupakan yang pertama di New York sejak masa-masa suram penyulingan dilarang pemerintah. Bourbon terbaik di luar Kentucky adalah pada Abraham Bowman dari Reston, Virginia.

Alasan penggunaan oak untuk tempat penyimpatan whiskey adalah keunikan alamiah dan campuran naturalnya. Oak memiliki kekuatan dan karakter. Sebagai kayu murni, bahan oak adalah tempat resin yang bisa meredam bau whiskey. Tak hanya itu, sekalinya oak dipanaskan saat digunakan, rasa lakton hilang dan digantikan rasa kayu yang melepaskan elemen-elemen yang merusak gairah.

SEARAH JARUM JAM Grand Case di Saint Martin; Princess Juliana International Airport yang berdekatan dengan Sunset Beach sehingga Anda dapat menyaksikan pesawat landing; Seniman lokal berkostum untuk parade; Pemandangan sunset yang indah di restoran tepi p

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.