JASON LEE

THE COMEDIAN ROLE

Augustman (Indonesia) - - Celebrity Athletes -

SERIAL KOMEDI “MY NAME IS EARL” yang tayang di channel NBC pada tahun 2005 sangat membekas bagi publik Amerika. Sitkom itu mendapat banyak respons positif, salah satunya karena keberhasilan Jason Lee memainkan peran utama sebagai Earl Hickey. Ia bahkan berhasil masuk sebagai salah satu nominasi aktor terbaik dalam penghargaan Golden Globe kategori serial televisi komedi/ musikal tahun 2005 dan 2006.

Mallrats yang dirilis tahun 1995 adalah film layar lebar pertamanya. Berturut-turut setelah itu, berbagai film layar lebar seperti Chasing Amy, Dogma, Almost Famous, Stealing Harvard, hingga Alvin and the Chipmunks menasbihkan nama Jason sebagai aktor komedi berkualitas yang dimiliki Hollywood.

Namun “habitat” awal Jason sebenarnya bukanlah di Hollywood. Sejak kecil, ia justru menggeluti olahraga skateboarding. Pertemuan awal Jason dengan olahraga itu sedikit banyak dipengaruhi oleh ibunya. Menurut sang ibu, Jason kecil adalah anak yang hyperactive. Karena itu, ibunya menghadiahi sebuah papan skate pada Jason dan berharap anaknya dapat membakar lebih banyak energi melalui aktivitas skateboarding.

Jason tenyata jatuh hati pada olahraga ini. Ia benarbenar bermain skate hampir setiap waktu, dan hal itu malah membuat sang ibu khawatir dengan masa depan Jason. Namun saat remaja Jason ternyata berhasil menepis kekhawatiran ibunya karena merek sepatu Airwalk terpikat dengan talenta yang dimiliki pria asal California itu. Pada usia yang masih muda, ia menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Airwalk.

Karir Jason melejit. Ia menjadi sorotan di tahun 80-an karena selalu mempertontonkan ciri khas gerakan rumit “360 Flip”. Ia pun sempat menjadi skateboarder talent dalam video klip 100 Percent milik band Sonic Youth. Beranjak semakin dewasa, Jason merambah lebih dalam industri skateboard dengan mendirikan perusahaan Stereo Skateboards bersama Tony Hawk di tahun 1992. Beberapa tahun setelah itu ia memutuskan pensiun dari dunia skateboard dan mulai fokus di dunia perfilman.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.