All That Glitters

Apa Anda Ingin Mencoba Berbisnis Emas?

Augustman (Indonesia) - - Dollars & Sense - TEKS FARHAN SHAH + ALDO FENALOSA PHOTO GETTY IMAGES

SECARA KIMIAWI, kandungan metal ini tidak banyak berarti. Tapi secara ekonomi, metal ini adalah elemen yang paling bernilai di muka bumi. Emas memiliki sejarah panjang, digunakan secara global sebagai alat ukur transaksi selama beberapa dekade sebelum terpinggirkan saat era Great Depression. Emas juga sebagai lambang kemewahan dan diberdayakan oleh para pebisnis untuk menghimpun kekayaan.

Sejumlah pakar mencatat, hanya seratus delapan puluh ribu ton emas yang didapat manusia sejauh ini. Catatan ini terbilang mengejutkan karena berjumlah sangat sedikit sejak logam mulia itu ditemukan dan ditempa pertama kali sekitar 550 tahun sebelum Masehi. Karena jumlah yang tidak banyak itu, emas menjadi aset yang begitu bernilai. Beberapa waktu belakangan, ketika situasi ekonomi tidak stabil dan jumlah uang kertas semakin banyak di pasaran, tren mengoleksi emas mulai meningkat seiring orang-orang ingin mengantisipasi inflasi. Raphael Scherer, Chief International Officer dari Degussa Goldhandel Gmbh, berbagi perbincangan tentang tren ini.

Apakah perbedaan emas untuk investasi dan emas untuk perhiasan?

Kedua-duanya sama-sama memiliki nilai. Tapi, percaya atau tidak, dalam ukuran dan berat yang sama, emas untuk perhiasan lebih mahal dibandingkan emas untuk investasi. Perbedaan ini terjadi karena Anda membayar lebih untuk merek, desainer, dan beberapa faktor lainnya. Namun bila Anda menjual emas perhiasan, harganya akan jatuh tidak seperti saat pertama kali membelinya. Berbeda dengan emas investasi yang memang sudah ada pasarnya sehingga membuat nilainya tak banyak berubah.

Persepsi seperti apakah yang paling banyak salah kaprah mengenai emas?

Tidak semua emas adalah emas yang sama. Ada harga yang selalu harus dibayar meski perbedaan ukuran emas hanya berselisih sangat sedikit, seperti nilai emas 99 persen jauh berbeda dengan emas 99,99 persen karat. Banyak pembeli salah kaprah di luar sana, tidak begitu teliti dengan hal itu karena hanya melihat kadar emas dari tampilan fisik, tidak mendetail.

Apakah yang harus dilakukan untuk hal itu?

Selalu minta sertifikat keasliannya. Jika Anda membeli emas investasi, lihat juga berkas LBMA (London Bullion Market Association) emas tersebut. Berkas itu menjelaskan beberapa hal seperti nomor serinya, jumlah penempaan, hingga tahun penempaannya. Jika Anda ditawari emas tanpa sertifikat, lebih baik tidak digubris.

Apakah ada waktu yang tepat menginvestasikan emas?

Sulit untuk mengatakan kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk menginvestasikan emas. Ada banyak pertimbangan yang harus dijawab, seperti alasan untuk apa Anda berlamalama menyimpan emas, atau seberapa jauh Anda berpikir akan kehilangan nilai uang karena itu. Jika Anda memilih berinvestasi untuk jangka panjang, maka saya akan menjawab Anda bisa mulai berinvestasi kapan saja. Dalam jangka 10 - 30 tahun, nilai emas biasanya akan selalu naik. Banyak orang percaya bahwa hanya orang-orang kaya yang bisa menginvestasikan emas, tapi itu tidak terlalu benar. Faktanya, kebanyakan pelanggan Degussa berasal dari kelas lebih rendah hingga kelas menengah. Ketika mereka tidak membeli emas dalam jumlah yang besar, yang mereka lakukan adalah membeli emas sedikit demi sedikit namun dilakukan secara konsisten.

ABOUT THE

EXPERT

Sebelum bergabung dengan Degussa pada pertengahan 2014, Raphael Scherer adalah managingeditor di Chopard untuk pasar kawasan Jerman,

Beneluks, dan Skandinavia. Kini ia bertugas untuk mengembangkan sayap Degussa di pasar internasional.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.