FUNGSI POSTUR

Augustman (Indonesia) - - Workout -

Postur optimal dapat diartikan sebagai suatu keadaan saat tubuh memerlukan energi minimal untuk mempertahankan posisinya (duduk, berdiri, condong, merangkak, dan sebagainya) dan gerakannya lebih efisien. Karena itulah, postur memenuhi tiga fungsi utama:

• Meminimalisir stres lokal pada satu area tubuh

dalam segala posisi. • Mengantisipasi perubahan postur selama goalbased movement patterns (pola gerakan berbasis tujuan), seperti cara berjalan atau jangkauan. • Bereaksi terhadap gangguan keseimbangan yang tak terduga untuk mempertahankan pusat gravitasi di atas dasar sokongan.

Meski secara tradisional kita memandang postur sebagai posisi statis, kita juga harus menyadari bahwa postur harus dinamis dan bertumpu pada tiga dimensi untuk menangani variasi stres (tenaga) dalam berbagai posisi. Faktanya, mempertahankan postur statis dapat merugikan tubuh secara keseluruhan, dan para ahli yang telah merekomendasikan training berbasis isometrik (planks dan sebagainya) sekarang menyarankan untuk menahan postur tak lebih dari 10 detik secara langsung karena tekanan iskemik yang dikenakan pada jaringan dan kurangnya berbagai stres pada tubuh.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.