DID YOU KNOW?

Augustman (Indonesia) - - Health -

“CONGRATULATIONS, INDONESIA! Almost 80 percent of Indonesians have positive body images, and less than a quarter reported unhappiness.” Demikian kutipan kalimat dalam sebuah artikel yang dimuat dalam Bustle.com. Sebuah polling global yang dilakukan oleh Yougov, sebuah badan polling online global independen yang melakukan survey mengenai perilaku dan opini orang-orang di seluruh dunia, juga membuktikan bahwa orang-orang Indonesia merasa gembira dengan berat badan dan body image mereka. Indonesia menempati peringkat teratas negara-negara di dunia dalam hal ini. Hanya 21 persen yang tidak merasa gembira dengan body image mereka. Lalu apakah yang disebut dengan body image dan mengapa hal tersebut penting dan memiliki pengaruh besar dalam kehidupan kita?

Body image adalah gambaran subyektif mengenai diri sendiri. Sayangnya gambaran tersebut belum tentu benar. Menurut Registered Dietician Jansen Ongko M.SC., body image atau citra tubuh atau konsep diri sangat diperlukan untuk dapat memahami mengenai manusia dan perilakunya karena sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. Konsep diri yang positif memungkinkan seseorang untuk menemukan kebahagiaan dalam hidup, dan juga untuk mengatasi kekecewaan dan perubahan hidup.

Terdapat dua macam body image, positif dan negatif. “Body image positif adalah persepsi yang benar mengenai bentuk tubuh Anda. Anda melihat tubuh Anda sebagaimana adanya. Anda menghargai bentuk tubuh Anda dan memahami bahwa penampilan fisik seseorang tidak ada yang sempurna. Anda merasa bangga dan menerima tubuh Anda yang unik, serta merasa nyaman dan percaya diri.

Sedangkan body image negatif adalah persepsi yang menyimpang dari bentuk Anda. Anda melihat bagian tubuh Anda tidak seperti yang sebenarnya. Anda menganggap bahwa ukuran tubuh atau bentuk Anda tidak menarik dan tidak sesuai dengan yang Anda inginkan. Akibatnya Anda merasa malu, sadar diri, dan cemas tentang tubuh Anda,” Jansen Ongko menambahkan.

Memang, sangat mudah untuk meyakini bahwa tubuh Anda tidak cukup bagus, tidak sempurna sehingga Anda merasa perlu untuk mengubah diri Anda hanya untuk menyesuaikan diri dengan suatu standar ideal yang Anda yakini sebagai gambaran tubuh yang menarik. Berhentilah melakukannya. Kadang kita menjadi sangat fokus pada standar-standar tersebut dan lupa bahwa tubuh kita sesungguhnya luar biasa. Jangan gunakan tubuh para model yang berjalan di atas fashion runway. Semua itu bukanlah citra yang banyak terdapat dalam kehidupan nyata. Look inward and be your own inspiration. Tanyakan kepada diri Anda, apa yang membuat orang lain mengingat diri Anda. Kenali atribut-atribut yang membuat diri Anda ‘seseorang’. Bukankah tidak ada seorangpun yang benar-benar sama seperti orang lain? Berusahalah untuk menjadi versi terbaik dari diri Anda sendiri.

Anda juga tidak perlu mengorbankan kesehatan Anda di masa depan hanya demi sebuah figur ideal yang Anda inginkan saat ini. Alih-alih ‘menyempurnakan’ penampilan fisik, Anda justru akan merusak kesehatan Anda di masa yang akan datang. Pil pelangsing, olahraga berlebihan, suntikan steroid, jauhi itu semua! Dan perlu diperhatikan bahwa jika Anda berusaha keras membentuk tubuh hanya agar dapat memiliki tubuh seperti Christiano Ronaldo atau Nyle Dimarco, sesungguhnya Anda sudah kalah dalam pertarungan hidup. Gen berperan penting dalam menentukan bentuk dan ukuran tubuh masing-masing orang. Anda tidak dapat melawan alam.

Jika memang Anda menginginkan kondisi tubuh yang lebih sehat dan mendapatkan penampilan yang lebih menarik sebagai bonusnya, berbicaralah dengan ahlinya. Berdiskusilah dengan dokter, ahli gizi, dietitian, atau fitness instructure. Mereka dapat membantu Anda menetapkan tujuan-tujuan kecil untuk dicapai dan menjadikan Anda semakin sehat sekaligus mendapatkan tubuh yang Anda inginkan. Mereka mampu memberikan saran-saran terbaik bagi Anda untuk dapat mengurangi atau menambah berat tubuh sesuai dengan tipe tubuh Anda.

Sebuah analisa yang mencakup 17 penelitian dan melibatkan lebih dari 15.500 pria di seluruh dunia mengungkapkan bahwa ukuran panjang rata-rata penis adalah 13,12cm saat ereksi dan 9,16cm saat tidak ereksi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.