ELEMENT ART SPACE

Eksplorasi material adalah ciri khas seniman lukis bernama Arin Sunaryo ini. Ia menggali banyak referensi seni yang didapatnya, entah itu dari keluarga yang begitu nyeni, teman atau lingkungan

Augustman (Indonesia) - - Artists Inspiration - TEKS ALDO FENALOSA FOTO CHAKA RAMADHAN & DOK. PRIBADI

LUKISAN bagi saya adalah sebuah benda diam dan tidak berbicara atau berinteraksi. Yang saya harapkan adalah karya yang bisa menjadi sebuah inspirasi dan topik pembahasan yang lebih luas.

Racun seni yang ada pada diri saya sedikit banyak adalah hasil “emisi” aktivitas orang tua yang memang sangat dekat dengan dunia seni. Ayah begitu passion dengan dunia lukis, ibu adalah perias pengantin. Bahkan para saudara saya juga adalah orang-orang yang lekat pada seni. Tetapi kebebasan melihat sesuatu untuk dijadikan sebuah bentuk karya seni muncul ketika berkuliah di London, Inggris. Saya mendapat kesadaran baru yang mengubah cara pandang tentang melukis dengan bahan-bahan dan materi yang tidak biasa. Salah satunya jatuh pada penggunaan bahan resin sebagai pengganti cat.

Sebelum mengeksekusi resin ke dalam bentuk karya, riset terhadap bahan tersebut adalah hal yang tak bisa dipinggirkan, seperti bagaimana harus mengumpulkan data sejarah resin, bahan pembuatan, dan penggunaan umumnya. Saya sempat membuat resin dengan debu vulkanik, dan pendekatannya memakai referensi yang relevan dengan materinya. Dalam hal gestur splash misalnya, apakah itu semacam ledakan atau cipratan, dari hal itu kita bisa mengkaitkan apakah itu ledakan gunung atau hanya bentuk komposisi abstrak saja. Saya selalu berusaha untuk mengerjakan karya dengan sifat yang terbuka secara pemaknaan, saya tidak ingin untuk membatasi audiens dengan tema-tema yang terlalu spesifik.

2016 Art Stage, Singapore 2015 Art Basel, Hong Kong 2014 Ashes to Ashes, Indonesia 2013 Langgeng Gallery Installation View #7, Indonesia 2007 Artipoli Art Gallery, Noorden, Belanda 2006 Toni Heath Gallery, London 2005 Asian International Art Exhibition, A

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.