The Creative

Ide meniru dari seorang Alex Solis

Augustman (Indonesia) - - Arts & Craft - TEKS HANNAH CHOO + AMELIA NURTIARA FOTO BERBAGAI SUMBER

SEMUA ORANG yang tidak lepas dari internet, kolektor T-shirt maupun miniatur pasti tahu Alex Solis. Ia adalah seorang ilustrator berusia 32 tahun yang tinggal di Chicago bersama seorang istri, dua anak dan seekor anjing bulldog Inggris bernama Bean Burrito. Tetapi di komunitas online kolektor seni grafis, ia adalah selebritis yang sangat menginspirasi.

Coba bayangkan, dia bukan lulusan sekolah seni, semuanya berjalan secara otodidak dan karirnya pun terbentuk dari trial & error. Bila dikategorikan, Solis masuk ke dalam kelompok “art doesn’t pay the bills”. Setelah meningggalkan SMA, ia mulai menggambar dan mendapatkan komisi pertama dari lukisan Mickey Mouse raksasa yang dibuatnya untuk Disney on Ice. Saat itu Solis mendapat US$50 dan beberapa tiket pertunjukan.

“Konsep dari seseorang membayar untuk seni, terutama saya, tampak tidak nyata. Menjadikan seni sebagai mata pencarian seakan sulit diterima, tapi itu bukan alasan bagi saya untuk berhenti berkarya,“ungkapnya.

Haus akan ide membuatnya terdorong untuk fokus pada desain dan pengembangan website. Hal itu memberinya keberanian untuk membuat sesuatu yang ia impikan. Saat ini, ia bekerjasama dengan perusahaan besar seperti Chevrolet dan New Balance, dan bekerja sebagai desainer senior di Threadless, sebuah tempat dimana para seniman bisa menuangkan ide pada sebuah T-shirt. Isi akun Instagramnya di @alexmdc pun beragam. Coba lihat Icons Unmasked (kiri), sebuah seri karakter kartun populer dan alter ego mereka.

Saya melihat Iconsunmasked di Kickstarter

Saya tidak akan pernah lupa atas dukungan yang saya dapat pada proyek ini. Butuh waktu enam bulan untuk menyelesaikannya. Kumpulan ilustrasi itu akan diterbitkan dalam format coffeetable book seharga US$42,50 dan saya juga berencana membuatnya dalam bentuk T-shirt.

Dalam buku Steal Like an Artist, Austin Kleon menulis: “Mulailah tiru apa yang Anda sukai. Tiru, tiru, tiru, tiru. Pada akhirnya, Anda akan menemukan diri Anda,” Bagaimana menurut Anda?

Di satu sisi, itu masuk akal, tapi saya tidak selalu mengatakan “tinggal meniru”. Semua orang bisa meniru apa pun. Tapi sebaiknya, yang ditiru itu juga dikembangkan dengan yang lain sehingga menghasilkan sesuatu yang baru. Seperti Icons Unmasked, saya mengambil karakter yang mirip, lalu saya kreasikan dan dibuat versi saya.

Apa yang membuat Anda kreatif?

Ini adalah tentang sesuatu yang harus terus-menerus Anda lakukan. Semakin sering Anda melakukannya, semakin sering Anda berpikir. Dan berbeda dengan persepsi kebanyakan orang, bagi saya alkohol tidak membantu sama sekali! Saya suka dikritik. Entah itu baik atau buruk, kritikan itu membantu saya untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda. Sangat menyenangkan bila seni berpengaruh bagi orang banyak.

Semua orang bisa meniru apa pun. Tapi sebaiknya, yang ditiru itu juga dikembangkan dengan yang lain sehingga menghasilkan sesuatu yang baru

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.