The Second Cer t ain T hing in Life

Apakah ada kemungkinan mengabaikan pajak secara legal?

Augustman (Indonesia) - - Dollars & Sense - TEKS FARHAN SHAH + ALDO FENALOSA FOTO BERBAGAI SUMBER

TAMPAK ADA SECERCAH HARAPAN pada akhir tahun lalu ketika beberapa keluarga berpengaruh di dunia menambah kekayaan mereka dengan cara menghindari pajak dan kemudian hal tersebut menimbulkan kegaduhan. Bagaimana mereka bisa melakukan hal itu?

Di Singapura, jika Anda bekerja dalam sebuah perusahaan, maka pajak tidak akan mungkin dihindari karena pemasukan dan transaksi Anda akan tercatat dalam sistem. Kesempatan yang bisa Anda miliki untuk menghindari pajak barangkali ketika Anda berwirausaha.

Financial planner Ang Zhi Wei yang telah berpengalaman bertahun-tahun mengurai masalah perpajakan kliennya, berkata, “Ketika Anda berwirausaha, seperti pialang forex, Anda bisa melaporkan pendapatan Anda dalam jumlah kecil dengan cara mengatur pendapatan yang seolah-olah habis digunakan untuk biaya bisnis Anda.”

Inland Revenue Authority of Singapore (IRAS) menjadi lembaga yang bertanggung jawab untuk menginvestigasi keakuratan laporan Anda, tapi realistisnya peluang untuk diinvestigasi oleh mereka tergolong masih kecil setiap tahunnya. Ini artinya, Anda dapat menghindari pemeriksaan data-data yang Anda laporkan, tetapi bila Anda tidak beruntung dan terpilih acak untuk pemeriksaan, Anda harus membayar dua sampai empat kali lipat bila terbukti merekayasa data dalam laporan Anda. Yang paling buruk, Anda akan ditahan dalam penjara karena penyelewengan tersebut.

“Saya menganjurkan pada Anda untuk secepatnya mengisi laporan pajak bila Anda bekerja sebagai wirausahawan. Meski bukan yang terendah di dunia, kurs pajak pendapatan di Singapura cukup adil dan moderat untuk setiap jenis pendapatan. Di samping denda dan sanksi moneter bagi yang menghindari pajak, Anda juga akan memiliki catatan kriminal yang akan menyulitkan usaha atau pinjaman bank pada Anda atau juga perlindungan pemerintah pada bisnis Anda – pada dasarnya semua aktivitas mensyaratkan Anda untuk memberi laporan pajak,” terang Zhi Wei.

Bahkan ketika Anda berhasil menghindari aturan pajak, Anda tetap tidak bisa hidup tenang karena bisa saja ada orang-orang yang mengadukan kegiatan Anda. Para “pembocor” itu tentu saja akan dihadiahi bayaran jika kasus-kasus penyelewengan yang mereka informasikan betul-betul terbukti. Pihak yang berwenang akan memberi reward sebesar 15 persen dari uang pajak yang berhasil diselamatkan, paling banyak SGD$100.000. Identitas para pembisik ini juga akan dirahasiakan.

GREY AREAS

Sejatinya hanya ada dua cara bagi Anda untuk secara legal menghindar dari kewajiban membayar pajak di Singapura. Dua pilihan itu adalah Anda harus meninggal atau menjadi foreigner yang tinggal dan bekerja di Singapura kurang dari 183 hari.

Jika bukan tergolong keduanya, barangkali kesempatan Anda untuk menghindari pajak secara legal sudah tertutup rapat. Jika Anda adalah pendatang namun tidak dianggap sebagai tax resident, Anda tetap harus membayarkan kewajiban sesuai dengan jabatan di dalam perusahaan terkait.

Namun menurut Zhi Wei, Anda hanya akan membayar pajak jika memiliki penghasilan di Singapura. Jika Anda tinggal bukan untuk bekerja, lembaga terkait tidak akan membebankan pajak pada Anda. “IRAS, bagaimanapun juga tidak akan spesifik bertanya pada Anda tentang pembayaran pajak kecuali Anda mengakui sendiri pada yang berwajib. Mereka kemungkinan tidak akan mengirimkan pemberitahuan pada Anda walau visa yang Anda gunakan untuk masuk ke Singapura bukan visa kerja tetapi diam-diam bekerja di sana – yang sejatinya ilegal. Saya bukan mengatakan bahwa Anda harus menghindari pajak, saya cuma mengatakan bahwa hal-hal seperti itu memang susah terlacak,” sebut Zhi Wei.

Dan jika Anda berpikir bahwa kegiatan amal maupun donasi dapat memangkas tagihan pajak Anda, hapuslah anggapan tersebut karena konsep membayar pajak bukanlah seperti itu. Pajak yang terpotong dari donasi biasanya dibatasi, yang artinya tidak akan mungkin Anda dapat menyimpan uang lebih banyak daripada donasi yang Anda keluarkan.

Meski demikian, Zhi Wei mengatakan ada sebuah cara yang legal untuk mereduksi pajak pendapatan Anda menjadi nol.

“Caranya adalah dengan memiliki anak di Singapura,” katanya sambil tertawa. “Tagihan pajak akan otomatis berkurang SGD$5.000 untuk anak pertama Anda. Untuk anak kedua menjadi SGD$10.000, dan terus bertambah seiring bertambahnya jumlah anak yang Anda miliki.”

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.