Tr i p l e Di s t i l l e d Magic

Tak ada tempat yang paling baik di Glasgow

Augustman (Indonesia) - - Liquid A Ssets - OLEH HANNAH CHOO + ALDO FENALOSA FOTO BERBAGAI SUMBER

Candu kota Glasgow terlalu cepat menguap. Suram, terkadang membosankan, cuaca dingin pun tidak membantu. Tapi di sana ada secercah harapan. Spirit kota ini berada tidak jauh dari bandara Glasgow, yang dapat ditempuh sekitar 11 menit ketika lalu lintas lancar. Di antara daerah-daerah industri besar dan pemandangan alam Skotlandia yang menakjubkan (yang dimaksud di sini adalah ternak domba, jerami, danau, dan domba... Anda pasti sudah terbayang), di kaki bukit Kilpatrick berada tempat penyulingan whisky satu-satunya di Glasgow. Ribuan pesepeda motor melintasi tempat ini setiap harinya tanpa pikir panjang, padahal di pinggiran kanan kota di sebelah jembatan Erskine terdapat penyulingan Auchentoshan, whisky Skotlandia yang legendaris.

Terbentang melintasi gugusan bangunanbangunan putih beratap batu dan rerumputan yang rapi, serta dijaga oleh beberapa sapi yang terlupakan. Kehidupan di sini berpusat di sekitar sebuah kolam air mancur, yang tidak sengaja tercipta akibat pengeboman tentara Jerman sepajang Perang Dunia II. Meski tidak tampak meyakinkan, namun tempat penyulingan di sini telah melewati usia 200 tahun, dan orang-orang yang bekerja di sana tampak begitu bahagia dan menikmati aktivitas mereka hingga saat ini.

Anda dapat berbincang dengan pemilik tempat yang ramah, leluasa untuk menjelajah dan berkesempatan untuk menambah wawasan seputar aktivitas distillery. Penduduk lokal menamainya dengan istilah breakfast whisky, alasannya lebih kepada rasa yang manis dan kelembutan alaminya. Diawali dengan proses yang halus, unpeated barley akan terbebas dari kotoran GMO (Pemerintah Skotlandia merencanakan larangan untuk seluruh jenis rekayasa genetika dari negara ini). Auchentoshan lalu melalui proses penumbukan barley hingga merata menjadi semacam bubur jagung, memaksimalkan jumlah gula yang telah diubah dari starch ketika proses penumbukan berlangsung. Mash House adalah tempat dimana Anda dapat melihat air dari Loch Katrine dan 6.825 kilogram malt yang direndam untuk menghasilkan 35.000 liter clear wort. Wort ini dapat mengisi tujuh washback secara bersamaan dengan proses fermentasi yang tergolong singkat, berlangsung selama 45 jam dalam suhu 33 derajat celcius. Setengah isinya akan berkurang setelah proses itu selesai.

Auchentoshan adalah satu-satunya whisky Skotlandia yang melewati tiga tahap penyulingan, tradisi orang-orang Irish pada umumnya menurun ke orang-orang Skotlandia selama tragedi Potato Famine pada tahun 1840-an. Wash, intermediate, dan spirit memiliki ruang masing-masing sebesar 17.300, 8.000, dan 11.500 liter.

Dari tiga proses penyulingan dihasilkan spirit yang kuat namun dalam volume yang kecil. Tidak seperti dua kali proses penyulingan dimana spirit berangsur dari delapan menuju 22 dan hingga 70 persen di fase akhir, penyulingan tiga kali berproses dari delapan ke tingkat 18, lalu di 54 dan berakhir di angka 81 persen. Dengan penghalusan dan pemurnian dalam proses penyulingan, alkohol menjadi lebih terkonsentrat. Ini adalah cara baru membuat sebuah spirit, salah satu minuman yang paling drinkable dan menyenangkan dalam bentuk raw. Meski telah mengencer hingga kadar 63,5 persen sebelum disimpan di dalam oak cask yang pernah menjadi wadah bourbon, sherry, dan wine lain yang akan dimatangkan.

Tiga kali proses penyulingan terdengar seperti sebuah marketing gimmick, namun sebenarnya justru adalah pekerjaan seni yang kompleks. Proses yang biasa pernah menyeberang ke Lowlands dengan cara pembuatan yang lebih lembut, lebih aromatik, dan pendekatan berpola Scottish whisky, terutama untuk orang yang menghindari gambut, bahan yang memberi smoky flavour pada whisky.

Proses penyulingan tambahan ini membantu menghilangkan komponen paling berat yang ada di cairan tersebut, yakni minyak dan protein. Kebanyakan whisky butuh beberapa tahun pematangan untuk menurunkan kadar kerasnya dan agresivitas zat yang terkandung di dalamnya. Alistair Mcdonald yang merupakan manajer penyulingan di sana, percaya bahwa proses penyulingan pada dasarnya sama dengan proses pematangan bertahun-tahun. Dengan penyulingan, Anda tidak perlu menyimpan whisky Anda di dalam oak selama bertahuntahun untuk mencapai kematangan yang Anda inginkan.

Auschentoshan adalah salah satu dari sedikit single malt yang tersisa, yang berasal dari perbukitan di Lowlands. Ini adalah whisky terbaik, bahkan dari kota yang tidak begitu menyenangkan Anda masih bisa menemukan tempat yang bagus di sudut ini. Cheers to that.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.