Kolaborasi terkini Daniel Buren bersama Louis Vuitton Fondation

Melalui permainan warna, cahaya, proyeksi dan refleksi, Daniel Buren menampilkan sesuatu yang baru pada Louis Vuitton Fondation

Augustman (Indonesia) - - Contents - TEKS AMELIA NURTIARA FOTO DOK. LOUIS VUITTON

SEJALAN DENGAN KOMITMEN LOUIS VUITTON FONDATION untuk terus mendorong kreasi kontemporer yang inovatif dalam arsitektur, pada tanggal 11 Mei lalu Louis Vuitton Fondation membuka sebuah gelaran temporary work karya Daniel Buren. Dirancang bersama Frank Gehry – pelaku arsitektur yang menjadi inspirasi bagi banyak seniman – “Observatory of Light” dipasang pada lembaran-lembaran kaca yang membentuk sail pada bangunan ini.

Filter berwarna dipasang pada 3.600 keping kaca yang membentuk duabelas sail. Sebagian kaca dibiarkan polos transparan. Terdapat 13 warna pilihan yang disusun sedemikian rupa sehingga warna-warna dibiaskan menciptakan permainan cahaya baik di dalam maupun luar bangunan. Daniel Buren memvisualkan bangunan ini dengan pencahayaan baru.

Daniel Buren telah mengembangkan sejumlah konsep radikal sebagai “visual tool” dalam karyakaryanya sejak 1960-an. Ia pun sudah tidak menggunakan cat lagi. Kini ia menggunakan konteks dan ruang dalam bekerja. Semua karyanya berisi ruang, konteks dan fitur dari host venue dan membuat in situ, baik di ruang publik atau di museum maupun galeri seni.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.