Keep Balanced

Jangan hentikan rutinitas berolahraga Anda selama berpuasa

Augustman (Indonesia) - - Workout - TEKS AMELIA NURTIARA FOTO BERBAGAI SUMBER

WAKTU TERBAIK untuk berolahraga ketika berpuasa adalah satu hingga dua jam sebelum berbuka puasa. Alasannya yakni menjaga agar tubuh Anda tidak terlalu lama kehilangan energi dan segera mendapat asupan energi pengganti makanan saat tiba waktu berbuka. Selain itu, berolahraga menjelang berbuka puasa merupakan waktu yang paling optimal untuk membentuk otot karena kadar testosterone dalam tubuh Anda paling tinggi pada waktu tersebut.

Bagi Anda yang ingin mengurangi lemak pada tubuh, kardio di waktu ini sangat dianjurkan karena tubuh Anda sudah bisa beradaptasi lebih baik untuk membakar lemak. Bila Anda rutin ke gym sebelum memasuki bulan puasa, Anda wajib meneruskannya. Hal ini penting untuk mencegah detraining yang bisa membuat sia-sia usaha Anda dalam membentuk otot.

Tipsnya adalah lakukan gerakan yang simple dan fokus dengan core untuk menjaga stabilitas tubuh. Pertahankan frekuensi dan intensitas latihan Anda, namun kurangi bebannya sebesar 40% hingga 60% untuk mencegah kelelahan yang berlebihan. Berikut ini Augustman memberikan lima jenis olahraga yang aman dilakukan saat berpuasa. Jogging/treadmill bisa dilakukan pada pagi hari atau sore hari selama 20-30 menit dan bisa membakar kalori sekitar 240 kalori dalam tubuh Anda. Walaupun olahraga ini tergolong mudah dilakukan, namun Anda jangan terlalu memforsir tenaga saat jogging ataupun treadmill. Berenanglah dengan gaya katak selama 30 menit setiap harinya. ini sudah cukup menyehatkan. Gaya katak cenderung tidak terlalu sulit dilakukan, namun cukup membuat seluruh otot bergerak. Pilates memang terlihat sederhana namun semua gerakannya dipercaya dapat memperbaiki postur tubuh Anda. Gerakan pilates menggunakan whispering muscle dan energi yang diambil untuk pembakaran berasal dari oksigen sehingga membuat kadar gula dalam darah tetap stabil. Saat gula darah tetap terjaga maka tubuh tidak akan menjadi lemas. Melakukan pilates selama 45 menit sebelum berbuka puasa akan membakar sekitar 350 kalori di dalam tubuh Anda.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.