Keeping It Family

Generasi style dan craftsmanship dari fashionhouse Italia Salvatore Ferragamo

Augustman (Indonesia) - - Report - TEKS ASRI JASMAN + MAXIMILLIAN SAMUEL PUJI FOTO BERBAGAI SUMBER

PASTI MENYENANGKAN menjadi salah satu anggota keluarga Ferragamo. Selama hampir 90 tahun, Salvatore Ferragamo telah menjadi sinonim dengan fashion karena telah membawa produk made in Italy maju jauh ke depan. Dahulu dimulai dengan sebuah toko sederhana di Bonito, sebuah wilayah kecil di Italia, kini telah berkembang menjadi sebuah kerajaan fashion bernilai jutaan dolar. “Tidak ada batasan bagi keindahan, desain tidak memiliki titik jenuh, tidak ada habisnya material yang dapat digunakan oleh seorang shoemaker untuk memperindah kreasinya sehingga setiap wanita dapat mengenakan sepatu indah seperti ratu-ratu di dalam dongeng,” seperti yang diungkapkan oleh Salvatore Ferragamo di dalam otobiografinya, Shoemaker of Dreams. Hingga pada saat kematiannya, Salvatore Ferragamo adalah sebuah keajaiban dalam craftsmanship Italia tradisional dengan material yang tidak konvensional dalam membuat sepatu wanita. Ia juga merupakan penemu wedge heel, membuat sebuah sepatu invisible dengan menggunakan bahan tali pancing pada bagian upper, serta mengepas kaki Marilyn Monroe dengan steelreinforced stiletto heels yang ikonik.

Ini adalah ketika istrinya, Wanda Miletti Ferragamo secara tidak diduga harus mengambil alih dan brand ini meraih kesuksesan lebih dari sekadar sepatu wanita, dengan bantuan keenam anaknya. Almarhum Fiamma Ferragamo di San Giuliano, putri tertua Ferragamo, adalah satu-satunya dari generasi kedua yang memiliki kesempatan bekerja berdampingan bersama sang founder. Berkat visi dan daya ciptanya, Fiama adalah si brainchild di belakang sepatu Vara, style yang merupakan top selling brand ini. Dan elemen berbentuk omega yang mudah dikenali, juga merupakan kreasi Fiamma. Disebut sebagai Gancino, elemen tersebut kini merupakan pengancing pada tas dan telah diterjemahkan ke dalam print dan fitur metalik pada sepatu kulit serta aksesoris. Gancino merupakan bagian intrinsik dari Salvatore Ferragamo dan merupakan logo tidak resmi bagi brand tersebut.

Aplikasi tersebut juga terlihat pada Drivers dalam koleksi pria, driving shoe modern versi Ferragamo. Berdasarkan moccasin style milik brand ini, Drivers menggunakan leather craftsmanship Italia yang dipadukan dengan teknologi terkini berupa rubber sole.

Dihiasi dengan Gancino, Drivers memberikan kemungkinan personalisasi dengan layanan made to order bagi konsumen. Ini merupakan kemajuan bagi brand yang masih menjaga tradisi dengan memberikan kesempatan bagi konsumen untuk ikut berkreasi namun masih tetap berada di dalam etos Ferragamo.

Setelah bertahun-tahun, kecerdasan bisnis keluarga Ferragamo memberikan peluang bagi manajer-manajer baru untuk memegang kendali mendorong brand ini lebih maju. Michele Norsa diangkat sebagai Group CEO pada tahun 2006 dan Massimiliano Giornetti ditunjuk sebagai Creative Director untuk seluruh produk Salvatore Ferragamo Group pada tahun 2010. Untuk menjaga nilai-nilai Ferragamo tetap bertahan, Wanda bersama putra tertuanya Ferrucio menjabat sebagai Honorary Chairwoman dan Chairman masingmasing dalam susunan direksi.

Berkat dukungan Massimiliano Giornetti, lini ready to wear menjadi lebih tegas daripada sebelumnya. Meskipun gaya Ferragamo untuk pria dan wanita terlihat lebih muda namun tetap mempertahankan sentuhan Italia dan timeless. Suit tampil rapi dan ramping namun tetap menerapkan nilai high craftsmanship yang akan membuat Salvatore Ferragamo bangga.

Untuk produk-produk leather, sederet tas dan aksesoris secara konstan diciptakan. Keahlian leather Ferragamo terus berkembang dan memproduksi berbagai produk baru menggunakan teknik-teknik baru yang merefleksikan inspirasi di setiap musim. Contohnya, print berukuran besar yang vibrant pada leather jacket dan tas yang ditamplkan di atas runway untuk koleksi pria Spring/summer 2016. Nampak jelas bahwa tidak terdapat titik jenuh pada desain.

Sangat jarang melihat keluarga generasi ketiga, tetap bertahan bersama dan terus menciptakan bisnis yang telah melalui berbagai ujian waktu. Legacy yang diberikan oleh Salvatore Ferragamo tetap dijaga oleh keluarganya tanpa kekhawatiran akan dilupakan. Pasti sangat menyenangkan dan menjadi suatu kehormatan menjadi bagian dari keluarga Ferragamo.

Tidak ada batasan bagi keindahan, desain tidak memiliki titik jenuh, tidak ada habisnya material yang dapat digunakan oleh seorang shoemaker

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.