A mer i c a n Wat e r s

Bagaimana pemilu di Amerika Serikat akan mempengaruhi pasar

Augustman (Indonesia) - - Dollars & Sense - OLEH SUF ZUMLA + ALDO FENALOSA FOTO BERBAGAI SUMBER

DI AMERIKA SERIKAT, akhir-akhir ini ada dua topik utama yang sering dibahas oleh para warganya. Yang pertama adalah tentang pemilu presiden lalu diikuti oleh pembahasan mengenai gaya rambut salah satu kandidatnya, yakni Donald Trump.

Bagaimanapun juga, pemilu ini sedikit banyak akan mempengaruhi pasar ekonomi AS dikemudian hari. Namun, sebenarnya berapa besar pengaruh itu akan berdampak pada investor?

EFFECT ON AMERICAN EQUITIES

Dari sudut pandang investor, hasil pemilu sepertinya tidak akan bersangkut paut. Ada lebih banyak faktor penting yang bisa memengaruhi pasar. Contohnya, pada awal tahun dinamika pasar di AS sempat tersentak. Hal itu muncul karena efek dari koreksi perekonomian di China dan kekhawatiran akan Brexit, yang mengakibatkan peningkatan rate di AS. Dan jangan lupa tentang harga minyak. Menurut Broadly, semua hal itu pengaruhnya jauh lebih kuat pada pasar dibandingkan pemilu.

Saat hasil pemilu telah diketahui, sejatinya yang akan cukup terpengaruh adalah investor pada bidang kesehatan. Di Los Angeles ada ribuan pekerja kehilangan rumah mereka hanya karena mereka tidak mampu membayar tagihan kesehatan keluarga karena biaya asuransi yang tidak berimbang.

Sistem kesehatan di AS tergolong unik karena subsidi di bidang kesehatan dari pemerintah hanya tersedia untuk orang miskin dan manula. Sedangkan kelas pekerja merupakan kelompok utama yang membayar asuransi dari keseluruhan presentase penduduk. Seiring meningkatnya biaya kesehatan, sejumlah perusahaan tetap membayarkan asuransi namun dengan aturan yang mendorong karyawannya untuk menanggung biaya dengan porsi yang lebih besar untuk asuransi tersebut. Peningkatan beban finansial ini memunculkan tiga perkara – atasan dapat menyuruh karyawan mereka untuk menambahkan biaya lebih premium, menanggung deductible lebih tinggi, atau membeli polis yang bisa memindahkan tanggungjawab lebih besar untuk harga servis medis yang dibutuhkan.

Untuk kebanyakan warga Amerika, hal-hal ini secara langsung meningkatkan tanggungan mereka dan menjadi pos pengeluaran paling signifikan. Bahkan barangkali alasan itulah yang membuat daya beli masyarakat terhadap bahan bakar minyak tidak meningkat drastis meski harga minyak dunia beberapa kali mengalami penurunan. Tak diduga-duga, dalam satu dekade terakhir pembayar tagihan premium meningkat 3 kali lipat, dan semua itu datang dari kelas pekerja.

Lalu apa artinya? Polis kesehatan akan menjadi isu penting sepanjang periode pemilu dan pengamatan saham yang berkaitan dengan bisnis medis maupun kesehatan harus dilihat lebih dekat menggunakan kacamata investor.

Hillary Clinton pernah menyebut tentang kemungkinan pemotongan harga obat. Ia juga mengkritisi masalah tingginya biaya resep obat. Pernyataan tersebut sepertinya juga akan memulai penolakan terhadap biotech. Dengan orang-orang partai Republik yang juga mencari kemungkinan untuk menarik kebijakan Obamacare, sepertinya opposing view dari kedua pihak ini akan turut menambah ketidakpastian pada sektor ini.

Apakah sektor ini akan memberi kesempatan lebih pada investor atau justru memperkeruh investasi? Semua itu akan terjawab setelah hasil pemilu diketahui nantinya. Namun ada baiknya Anda tetap memperhatikan topik-topik seperti ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.