Wha t ’ s Up Do wn S o u t h

Ada yang lebih menarik dari New Zealand selain gua yang di penuhi

Augustman (Indonesia) - - Destination - TEKS HANNAH CHOO + ADHI TRIPUTRA FOTO HANNAH CHOO + WANAKA LAVENDER FARM + BISTRO GENTIL

PADA SUATU PAGI, dengan mata yang masih mengantuk setelah saya sibuk mengurus paspor di Bandara International Christchurch, seorang petugas imigrasi menanyakan sepatu yang saya kenakan, “Di mana terakhir kalinya Anda mengenakan ini?” sambil terbata-bata tidak terbayang di pikiran saya, dan saya menjawab “Hmm... Mount Cook”. “Mount Cook? Wow,” katanya, dan kemudian membiarkan saya lewat, padahal saya belum pernah ke tempat itu, tapi kali ini saya akan melakukan perjalanan ke sana. Jadi, saya akan menginjakkan kaki ke negara paling indah yang pernah saya lihat. Banyak orang yang mengatakan, “Jika hidup terlalu sulit, di manapun Anda berada, it’s ok. Anda dapat bepergian ke tempat lain”. Tapi sebenarnya istirahat lah yang saya butuhkan. Dan New Zealand merupakan tempat yang sempurna.

Ini adalah padang gurun sportsman. Anda tidak perlu khawatir tentang kepadatan penduduk di sini, karena hal tersebut berbanding terbalik dengan apa yang Anda bayangkan. Di New Zealand lebih banyak domba dibandingkan dengan orang yang tinggal, dan orang-orang disini hidup dalam kedamaian, dimana banyak waktu bagi mereka untuk berpikir dan berbicara. Mereka menjalani kehidupan ganda dari ketenangan, serta petualangan outdoor.

New Zealand pertamakali ditemukan oleh suku Maori, ia tiba sekitar 1000 tahun yang lalu. Kemudian pemukiman Inggris pertama mulai berdiri pada pergantian abad ke-18 dan 19, pada waktu yang bersamaan saat itu Singapura juga baru ditemukan oleh Raffles. Saat ini, New Zealand telah menjadi destinasi utama bagi turis dan lebih ramah dari sebelumnya. Para pengunjung disambut dengan keramahan yang sama seperti ketika menyambut Inggris pada tahun 1700-an. Tinggal di New Zealand memberikan pengalaman masa lalu yang tidak terlupakan. Setiap sisi negara ini dan juga perbukitannya dihiasi dengan sapi, ikan-ikan besar pun tampak segar di sungai yang bersih. Sangat disayangkan jika disini Anda hanya berlayar menyusuri goa hanya untuk melihat glow-worm atau menyaksikan tarian Maori. Di pulau sebelah utara memang tampak indah dan bagus, tapi selatan – boy, oh boy. Di sini banyak pilihan rasa cocktail dari Finlandia, Skotlandia dan Swiss, dihiasi dengan potongan Maine dan Santa Cruz untuk menambah citarasa.

menuju ke Mount Cook, lebih cepat 1,5 jam dari jadwal yang saya perkirakan. Pada 08:50: tur gelombang 8WD, 12:30: jet, gletser yang terancam karena perairan keruh, dan 15:30: jet, pegunungan dengan pesawat ski dan mendarat di atas Tasman Glacier. Sementara itu, sungguh menakjubkan bisa bertemu dan mengenal suku Sherpa yang hampir mati karena Mount Cook yang longsor, dan dekat dengan gletser bersama salah satu turis asal Cina, saat itu pesawat ski kami bagaikan cherry di atas es. Saya akan kembali lagi menggunakan heli-hiking.

WANAKA

Banyak hal yang menarik ketika saya sampai di Wakana, sebuah kota dengan resor yang indah di wilayah Otago. Saya juga sempat bertemu sepasang snowboarders tampan yang sedang berjalan di Wanaka Lavender Farm, milik aktor Sam Neill, ia juga merupakan pemilik dari Two Paddocks winery. Dalam perjalanan saya juga bertemu dengan delapan ekor Alpaca. Saya juga berkesempatan untuk melihat-lihat kota dengan World War II Tiger Moth Plane. Lalu terjun payung dari ketinggian 15.000 kaki.

Cara terbaik untuk menikmati alam terbuka Otago adalah dengan berkemah, tapi jika Anda tidak ingin berkemah dengan keterbatasan, Woolshed memiliki banyak tempat berkemah atau glamping. Tenda sudah dilengkapi dengan kasur, selimut, mohair throws dan masih banyak fasilitas modern lainnya yang dapat membuat pengalaman berkemah Anda lebih nyaman.

Kembali ke tenda saya, saat itu saya kedinginan, meskipun saat itu saya sudah bersembunyi di bawah selimut. Namun saya bersyukur karena mendapatkan satu botol air hangat dari tuan rumah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.