A mbi t i o u s

Sun Xun akan menampilkan instalasi skala besar dari karya seninya di Art Basel

Augustman (Indonesia) - - Arts & Craft - TEKS ADHI TRIPUTRA FOTO DOK. AUDEMARS PIGUET

SWISS WATCHMAKER, Audemars Piguet memperkenalkan seniman Cina, Sun Xun, sebagai Audermars Piguet Art Commission ke-2. Instalasinya akan diresmikan pada Art Basel di Miami Beach 2016.

Ini akan menjadi salah satu proyek paling ambisius dari Sun Xun. Selain karya animasi dua dimensi dan tiga dimensi, akan ditampilkan pula traditional scroll painting, ink drawing, berbagai elemen arsitektur, desain dan juga seni suara. Instalasi tersebut akan dipamerkan di tepi pantai Miami Beach, tepatnya di seberang Collins Park.

Sun Xun telah mengembangkan sebuah studio animasi sejak tahun 2006 untuk mewujudkan berbagai karya seninya yang kompleks. Sebuah karya animasi berjudul Time Spy adalah salah satu karya seninya yang terkenal. Dibuat dengan menggunakan metode ilustrasi Cina klasik, setiap frame- nya diukir dengan sangat indah. Dalam pengerjaannya, ia juga dibantu oleh ratusan mahasiswa seni di Cina. Sedangkan untuk karya animasi tiga dimensi yang diproyeksinya, dapat Anda lihat dengan menggunakan kacamata khusus rancangan Sun Xun.

“Audemars Piguet Art Commission kali ini merupakan salah satu proyek ambisius saya. Produksinya sangat kompleks, dibutuhkan banyak akurasi teknis, tim asisten yang besar dan juga teknologi yang modern. Keahlian yang rumit sangat dibutuhkan, sama seperti Audemars Piguet. Untuk menghasilkan karya seni ini, saya harus bekerja dengan tenaga berkualitas dan juga dukungan dari tim yang luar biasa,” kata Sun Xun.

Pada tahun 2015 lalu, Sun Xun diundang oleh Audemars Piguet di Le Brassus, untuk mempelajari 141 tahun sejarah brand ini. Dianggap sebagai salah satu seniman muda paling berbakat di Cina, Sun Xun juga dipilih karena kemampuannya dalam berbagai bidang seni dan juga metode kerja yang sangat eksperimental. Hal ini sangat mencerminkan pemikiran kedepan yang melekat dari Audemars Piguet.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.