Visual I den t i t y

Dengan meningkatkan apresiasi terhadap karya fotografi, diharapkan dapat lahir generasi kolektor fotografi orisinal dan terverifikasi

Augustman (Indonesia) - - Arts & Craft - TEKS ADHI TRIPUTRA FOTO DOK. CALIBRE.ID

CALIBRE.ID merupakan platform yang menghadirkan konsultasi dan kurasi fotografi secara online, untuk membantu para visual artist di Indonesia agar memiliki tempat mempromosikan karya mereka. Calibre yang digagas oleh Howard Brawidjaya dan Gunawan Widjaja, bersama para fotografer papan atas Indonesia; seperti Fanny Octavianus, Jay Subyakto, John Suryaatmadja dan Oscar Motuloh menyuguhkan ruang baru bagi para pencinta fotografi dan juga pencinta Indonesia. Bersamaan dengan peluncuran Calibre, digelar pula pameran bersama di Rumah MAEN, Menteng, Jakarta Pusat. Pameran fotografi dari karya para fotografer senior Indonesia ini diadakan mulai tanggal 22 September hingga 16 Oktober 2016. Sejumlah karya tersebut juga sempat ditampilkan di Terminal 3 Ultimate Bandara International Soekarno-hatta pada bulan Agustus 2016 silam. Berikut beberapa karya fotografi yang ditampilkan.

Sekilas potret kehidupan sebuah kampung nelayan di Sorong, Provinsi Papua Barat. Senyuman anak-anak di kampung tersebut menjadi pengingat kebahagiaan dan harapan untuk kehidupan yang lebih layak.

Simbol, lambang interprestasi akan sebuah visual bisa beragam walau objeknya sederhana. Penjual bendera di trotoar yang mengikat benderanya di pagar kawat rumah orang di Jawa Timur, saat menjelang perayaan kemerdekaan Indonesia pada tahun 2009.

Pulau Morotai menjadi saksi bisu pertempuran besar antara Pasukan Sekutu dan Jepang pada Perang Dunia II. Bangkai alat perang yang dahulu tertinggal, kini hampir tak bersisa.

Kematian adalah proses menuju puya (belantara arwah) di padang keabadian di tempat maha tinggi. Suatu kepercayaan yang diyakini masyarakat Toraja, dengan perwujudan tradisi menyemayamkan jenasah di tebing batu yang tinggi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.