CL A S SI CS

P R I DE OF Kegemarannya terhadap dunia otomotif membawa Gofar Hilman terjun ke bisnis custom mobil dan motor classic

Augustman (Indonesia) - - Feature Men - TEKS ADHI TRIPUTRA FOTO WILLIE WILLIAM

SEJAK DUDUK DI BANGKU SEKOLAH, Abdul Gofar Hilman bercita-cita untuk menjadi seorang penyiar radio karena terinspirasi dari para penyiar senior di Radio SK (Sentra Komedi) yang banyak melahirkan pelawak ternama di Indonesia, sampai pada akhirnya cita-citanya pun tercapai. Kini pria humoris ini bekerja sebagai seorang penyiar di salah satu radio di Jakarta. Tidak puas sampai di situ, pria yang dikenal dengan nama Pergi Jauh (Go-far) tersebut juga mengembangkan bisnis clothing yang bertemakan otomotif bersama beberapa rekannya, yang diberi nama Lawless Jakarta.

Ceritakan mengenai Lawless Jakarta…

Berdiri pada tahun 2009, Lawless Jakarta itu merupakan brand yang menggabungkan tiga elemen yang saling berkaitan. Yaitu musik, tattoo dan juga otomotif. Banyak yang tidak menyadari tiga elemen tersebut sudah ada sejak dulu dan berkembang secara bersamaan. Jadi selain clothing, saat ini saya dan rekan saya mengembangkan beberapa divisi tambahan seperti Lawless Jakarta Tattoo dan juga Lawless Jakarta Garage. Bicara seputar Lawless Garage, semua berawal dari ketertarikan saya dan beberapa owner Lawless Jakarta yang lain terhadap dunia otomotif, khususnya custom motor classic. Kebetulan Ucup, rekan saya yang juga merupakan salah satu owner dari Lawless Jakarta memiliki bengkel kecil dirumahnya. Jadi, mengapa tidak kita kembangkan saja, berhubung brand kita juga berkaitan dengan dunia otomotif. Akhirnya Lawless Jakarta Garage kita resmikan pada bulan Februari 2016 lalu, berlokasi di Jl. H. Jamhur No. 14, Cinere, Depok.

Berapakah kisaran biaya yang diperlukan dalam membangun sebuah motor atau mobil custom?

Kisaran biaya tidak bisa diprediksi. Semua kembali kepada client. Contohnya, ada client yang ingin meng- custom motor Honda CB 77 dan biaya yang dihabiskan mencapai Rp. 200,000,000 karena ia ingin menggunakan part original yang sangat sulit didapatkan. Bahkan tidak sedikit client yang menginginkan part original lengkap dengan nomor seri, tahun pembuatan dan asal pembuatan.

Sama halnya seperti yang saya lakukan terhadap Rahayu (nama untuk mobil VW Golf MK 1 tahun 1978 milik Gofar). Saya membeli mobil ini seharga Rp. 50,000,000. Setelah mengganti mesin manual dari mobil ini dengan mesin matic yang asli namun dari tipe yang berbeda, serta melakukkan beberapa perubahan tampilan, total biaya modifikasi yang saya keluarkan mencapai Rp. 140,000,000. Tapi biasanya hal tersebut tidak menjadi masalah bagi para penggemar mobil dan motor custom seperti saya. Lawless Jakarta Garage sendiri juga memiliki prinsip untuk selalu fokus dalam pengerjaan. Dibantu 6 orang mekanik, Ucup yang sejak awal memimpin bengkel tidak sembarangan menerima order custom karena kita tidak ingin mengecewakan pelanggan jika pengerjaan menjadi lama karena terlalu banyak order.

Jika Anda harus memilih, motor atau mobil?

Sulit untuk memilih motor atau mobil. Namun bicara mengenai kepuasan, saya lebih dominan ke motor. Dengan mengendarai motor saya bisa menunjukkan jati diri saya melalui pakaian, helm, sepatu dan juga motor yang saya kendarai. Jadi bukan hanya kendaraanya saja yang bisa tampil, pengendaranya juga bisa.

Apakah kendaraan impian Anda?

Untuk mobil, dari dulu saya menginginkan Ford Mustang. Dan untuk motor, saya suka Harley Davidson WL. Motornya gagah, itu benar-benar menggambarkan kepribadian saya. Pada dasarnya saya suka motor dan mobil classic, menurut saya pride- nya berbeda dengan mobil atau motor baru. Mungkin banyak orang yang mampu membeli kendaraan baru. Untuk yang classic, mungkin Anda juga bisa membelinya, namun belum tentu Anda bisa menggunakan dan merawatnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.