Widening Hor i z o n

Eksplorasi luxury oleh Managing Director Montblanc, Anouar Guerraoui

Augustman (Indonesia) - - Special F Eature - TEKS MAXIMILLIAN SAMUEL PUJI FOTO MONTBLANC

KETIKA MONTBLANC PERTAMA KALI DIDIRIKAN PADA TAHUN 1906, diciptakan sebuah alat tulis yang revolusioner. Sebuah alat tulis dengan teknologi non-leaking yang ditemukan oleh para penciptanya dalam perjalanan mereka di Amerika yang akhirnya meninggalkan suatu jejak yang tidak akan hilang.

Kini Montblanc telah melewati satu abad lebih, yang membuktikan bahwa brand ini memiliki reputasi yang sangat baik. Kini Montblanc memiliki tiga pilar utama dalam bisnisnya. Diawali dengan writing instrument, dengan bangga kini Montblanc telah memiliki jam tangan dengan in-house Swiss movement, serta koleksi leather good berkualitas.

Berikut adalah perbincangan singkat bersama Anouar Guerraoui untuk mengeksplorasi brand ini lebih dalam.

Apakah yang membuat Anda merasa bangga bekerja bagi Montblanc?

Pertama adalah karena saya dapat berbagi value dari perusahaan ini kepada Anda. Montblanc saat ini merayakan ulangtahunnya yang ke-110. Meskipun saya telah bekerja sebelumnya bagi brand-brand luxury lain, saya menemukan bahwa Montblanc merupakan sebuah maison yang dinamis. Perusahaan ini tidak berhenti berinovasi dan terus mempertahankan kualitas tinggi serta finecraftsmanship. Seluruh elemen tersebut membuat saya menyukai pekerjaan saya dan saya juga bangga terhadap perusahaan dan pekerjaan saya.

Sebelumnya memimpin market Asia Tenggara, Anda pernah bertugas di wilayah Amerika. Apakah terdapat perbedaan di antara dua market tersebut?

Saya justru melihat banyak kemiripan di antara dua wilayah tersebut. Dua-duanya merupakan emerging market. Lebih banyak generasi muda yang bergabung bersama industri ini. Mindset yang mengatakan bahwa bisnis ini terlalu tradisional dan hanya diminati oleh para senior sepenuhnya tidak benar. Saya juga melihat bahwa consumer muda yang dinamis pun semakin banyak. Dan tentu saja kita bisa melihat bahwa Asia Tenggara, khususnya Jakarta dinamis secara ekonomi dan berkembang sangat pesat. Banyak pusat perbelanjaan

baru yang dibangun, lengkap dengan butik-butik luxury brand yang terus didatangi consumer. Semakin banyak orang memberikan apresiasi kepada produk luxury. Mereka menghargai keindahan. Memang terdapat perbedaan target market namun itu hanyalah soal pilihan. Beberapa orang lebih menggemari Meisterstück dan ada yang lebih memilih koleksi pop. Namun sangat sulit bagi saya untuk menemukan perbedaan mendasar antara dua market tersebut.

Montblanc bisa dikatakan sinonim dengan writinginstrument. Apakah traditionalfountainpen Montblanc masih relevan dengan kehidupan modern saat ini?

Ya, masih. Sebagian consumer memilih pen klasik dan ada juga yang memilih pen dengan desain yang lebih modern. Writing instrument dari Montblanc bukan hanya sekadar alat untuk menulis. Anda dapat mengekspresikan diri bahwa Anda menghargai keindahan sekaligus menjadikannya aksesoris yang akan dilihat orang ketika Anda menulis. Dalam beberapa kesempatan, Anda akan membutuhkan sebuah pen yang sangat bagus yang Anda gunakan untuk hal-hal spesifik seperti menandatangani dokumen. Atau pen yang lebih sederhana untuk menulis catatan sebelum Anda lupa. Montblanc juga menggabungkan karya seni klasik dengan teknologi dan menciptakan stylus yang dapat Anda gunakan untuk menulis di atas layar tablet atau smartphone.

Apakah keyhighlight perayaan ulangtahun Montblanc ke-110 ini?

Untuk merayakan ulangtahun Montblanc ke-110 tahun ini, kami mempersembahkan kembali koleksi Rouge et Noir. Montblanc melihat kembali ke masa lampau ketika rangkaian produk-produk pertamanya yaitu writing instrument, watch, dan leather good, juga beberapa aksesori pria. Bentuk ular, sebuah motif yang menarik, yang pertama kali muncul dalam arsip Montblanc pada tahun 1920-an dan menyimbolkan kelahiran kembali menjadi pengikat bagi koleksi ini. Sejalan dengan spirit para pendiri Montblanc – innovation, performance, high quality dan finecraftsmanship – kami memberikan sentuhan modern pada produk-produk orisinil tersebut dengan tetap mempertahankan luxury di dalamnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.