J u n k e r s F 1 3 b y R I MOWA is Back in t he A ir!

Sensasi penerbangan pertamanya di Swiss Alps

Augustman (Indonesia) - - Special F Eature - TEKS MIRANDA TOBING FOTO THOMAS LÜTHI / RIMOWA 2016

PESAWAT KOMERSIAL PERTAMA DI DUNIA yang keseluruhannya terbuat dari metal ini, yakni Junkers F13, sepenuhnya telah direkonstruksi ulang oleh RIMOWA, sebuah perusahaan koper mewah asal Jerman yang dipimpin langsung oleh President & Ceo-nya, Mr. Dieter Morszeck. Pertama kali terbang di tahun 1919, pesawat ini telah mencetak rekor untuk ketinggian 22.000 kaki dan daya tahan selama 26 jam.

Tidak seperti pesawat lainnya, Junkers F13 dibuat dari campuran aluminium Duralumin dan memiliki sayap monoplane. Selain sayap mono kantilever yang inovatif, F13 juga dilengkapi dengan kokpit terbuka. Sedangkan pada bagian dalamnya, tersedia kompartemen berkapasitas untuk empat penumpang dengan interior mewah dan jok kulit yang nyaman.

Butuh 12.000 jam untuk membangun F13 Junkers di Black Forest. Pesawat dengan sayap rendah, terdiri dari 2.600 bagian yang dibangun bersama oleh lebih dari 35.000 paku dan menggunakan 60 kilogram cat. Replika bersejarah ini didukung oleh mesin radial dengan 450 hp oleh Pratt & Whitney Wasp SMP R985 9-cylinder .

Meskipun berdesain vintage dengan mesin baling-baling, dapat kita bayangkan betapa menakjubkannya F13 Junkers ketika terbang ke langit hampir 100 tahun yang lalu. Dan pada September lalu di Dübendorf, Switzerland, berkat RIMOWA, kita dapat menyaksikan dan mengalami hal itu sendiri!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.