Paint s of Luxur y

Mobil-mobil yang akan menyita perhatian di jalan raya

Augustman (Indonesia) - - Motoring - OLEH ALDO FENALOSA FOTO DOK. BMW GROUP & MERCEDES BENZ

DUNIA OTOMOTIF DI INDONESIA memasuki babak baru, khususnya bila berbicara mengenai dinamika mobil-mobil yang bernuansa luxury. Sejumlah pabrikan besar kini tak lagi menyimpan keraguan untuk memasarkan mobil-mobil buatan manufaktur mereka di industri otomotif tanah Air. Berbagai expo dan pameran otomotif juga acapkali digelar beberapa tahun belakangan. Satu yang pasti dari hal-hal tersebut yaitu, khalayak pecinta otomotif semakin dimanjakan dengan varian dan terobosan terbaru untuk kendaraan mereka.

Pertengahan tahun 2016 ini sendiri diwarnai dengan keberhasial helatan internasional Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Serpong, Tangerang. Pada ajang tersebut, sejumlah pabrikan mobil top dunia dengan bangga memamerkan mobil-mobil terbaru pada khalayak otomotif, mulai dari seri inovasi ter- update hingga concept car yang patut dinantikan realisasi produksi massalnya. Namun di atas itu semua, mobil-mobil berkarakter luxury nyatanya masih menjadi andalan pabrikan-pabrikan top untuk memuaskan pasar di Indonesia. Berikut mobil-mobil premium yang menyita mata pengunjung GIIAS yang lalu. Bahkan mungkin mobil-mobil ini juga akan menyita perhatian Anda di jalan raya.

Mobil ini adalah wajah baru keseruan berkendara di jalan raya Indonesia. Dengan model kendaraan compact atap terbuka, MINI Cabrio adalah hasil dari sebuah evolusi progresif dan mencerminkan karakter MINI yang khas sejak dulu. Desain permukaan dan line ala MINI menjamin penampilan yang berkualitas tinggi, baik saat soft top dalam keadaan terbuka maupun tertutup.

Keseimbangan antara kesan sporty dan elegan merupakan karakteristik new MINI Cabrio. Ini ditekankan dengan siluet memanjang, chrome band yang membentang secara horizontal di sepanjang shoulder line, overhang pendek dan permukaan-permukaan dengan tampilan yang ekspresif.

New MINI Cabrio juga menampilkan fitur-fitur desain tradisional yang telah disempurnakan lagi untuk generasi model terbaru. Hal itu tampak dari desan lampu depan bundar dengan lingkar krom, grille radiator heksagonal, indikator pada sisi samping yang dikenal sebagai side scuttle, dan pinggiran hitam di sekitar ujung bawah badan kendaraan. Keseluruhannya berbalut brand premium otentik ala Inggris.

Mobil ini menggunakan Twin Power Turbo Technology 3 dan 4 silinder sebagai mesin utamanya. Kecepatan tertinggi mobil ini dapat berkisar dari 206 km/jam hingga 228 km/ jam. Dan berterimakasihlah, Anda juga dapat merasakan sensasi berkendara go-kart saat mengendarai mobil ini karena wheelbase dan track yang lebih panjang dan lebar daripada model pendahulunya serta penggerak roda depan yang memberi pusat gravitasi rendah dengan teknologi suspensi berkualitas tinggi.

Juga jangan lupakan teknologi MINI Connected, sistem yang menawarkan integrasi komprehensif ponsel pintar di dalam mobil, memungkinkan penggunaan layanan berbasis internet untuk infotainment, komunikasi dan pengalaman berkendara melalui aplikasi.

Sedan ini adalah generasi teranyar dari pabrikan legendaris asal Jerman, Mercedes-benz. Kehadiran generasi terbaru MercedesBenz E- Class ini sebenarnya sudah tercium sejak munculnya foto-foto interior di internet pada awal tahun 2016 ini.

Mercedes-benz menyebut seri terbaru E- Class ini sebagai “Masterpiece of Intelligence”, yaitu sedan bisnis paling cerdas di kelasnya. Hadir dalam dua varian yaitu E 250 AVA dan E 300 AVA, beberapa fitur terbaru juga dihadirkan oleh MercedesBenz dalam kedua varian tersebut agar berkendara lebih menyenangkan.

Jika dibandingkan dengan model E- Class sebelumnya, The New E- Class ini lebih avant garde, sporty, namun tetap berkelas dan cerdas. Badan mobil diperlebar, wheelbase lebih panjang 65 milimeter, roda lebih besar, bagian abdomen mobil dibuat dengan desain yang memberi kesan stylish dan dinamis. Begitu juga dengan desain atap mobil yang menyatu begitu halus dan compact dengan desain body.

Mobil ini dilengkapi dengan mesin 1,991 cc dengan 4 silinder yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 9G-TTRONIC dengan 9 percepatan. Ganti gigi lebih cepat, rotasi mesin pun lebih rendah sehingga mobil begitu senyap ketika dipacu. Pada putaran mesin 5500 rpm, varian E 250 AVA dapat memproduksi tenaga 211 hp, sementara varian E 300 AVA memproduksi 245 hp. Untuk torsi, E 250 AVA memiliki torsi 350 Nm, sementara E 300 AVA memiliki torsi 370 Nm.

Dalam hitungan 6,9 detik, akselerasi E 250 AVA dapat mencapai 100 km/jam, sementara E 300 AVA hanya perlu 6,2 detik saja. Meski demikian keduanya efisien bahan bakar karena dilengkapi dengan ECO start/stop yang akan otomatis mematikan mesin ketika mobil diam dalam beberapa menit.

Pada bagian dalam mobil ini terdapat wide-screen cockpit yaitu layar diagonal 12,3 inci yang tampak melayang di udara dengan tombol-tombol virtual pengaturan yang biasa hadir pada dashbord. Tidak sulit digunakan karena desainnya userfriendly. Pengemudi dapat memilih antara 3 desain tampilan, yaitu “Classic”, “Sporty” dan “Progressive”. Tampilan digital memungkinkan presentasi yang lebih fleksibel dari konten informasi serta pengalaman terbaru di dalam kendaraan.

Pendekatan layering juga terlihat pada garis lekuk yang dinamis hingga desain konsol tengah, Controller untuk sistem operasi idrive, tombol start/stop, tombol edrive dan tombol Driving Experience Control. Control Display dari sistem idrive tersedia dengan layar berwarna 8,8 inci. BMW i8 juga memiliki Sport Steering Wheel dengan tombol multifungsi dan Navigation System Professional dengan layar 10.25 inci.

Mesin pembakaran tiga silinder pada BMW i8 menghasilkan tenaga 231 hp dan torsi maksimum 230 Nm untuk roda belakang, sementara tenaga listrik sebesar 131 hp dihasilkan dari motor listrik yang mendapatkan tenaga dari baterai lithiumion, yang dapat diisi ulang dengan sumber listrik konvensional, untuk selanjutnya dialirkan ke poros roda depan.

Kombinasi BMW Twin Power Turbo dan teknologi BMW edrive, ditambah manajemen energi yang cerdas, mampu menghasilkan output sistem maksimal mencapai 362 hp dan memberikan BMW i8 karakteristik performa sebuah sport car yang sesungguhnya. Mobil dengan berat 1.485 kilogram ini hanya membutuhkan 4,4 detik untuk mencapai 0-100 km/ jam, disertai konsumsi bahan bakar sebesar 2,1 liter per 100 km (setara dengan 47,6 km/ l) menurut siklus uji EU untuk kendaraan plug-in hybrid, dan listrik 11,9 kwh. Hal ini setara dengan emisi CO2 sebesar 49 gram/ km.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.