Say Hel l o t o A u t u mn, S a y Hel l o to Liquor WELCOME TO AN ELECTRONIC TONGUE

Augustman (Indonesia) - - Tipple - OLEH ALDO FENALOSA + HANNAH CHOO FOTO BERBAGAI SUMBER

Barangkali sudah waktunya wine steward menepi dari pekerjaannya. Baru-baru ini sebuah terobosan diciptakan, yakni electronic tongue yang mampu membaca dengan akurat usia sebotol wine, datang dari tipe barrel seperti apa, hingga kualitas yang terkandung dari wine tersebut. Alat ini nantinya akan digunakan dalam industri wine untuk mendapatkan kualitas standar minuman itu sebelum dijual pada para konsumen.

Pencetus inovasi ini bernama Xavier Ceto, yang bersama para koleganya di University of South Australia merakit sebuah “lidah” dari campuran emas, platinum dan karbon elektroda. Alat ini dapat mengukur sinyal elektrokemikal yang terkandung di dalam gula, fenol dan senyawa lain yang ada di dalam wine. Tidak seperti sensor pada umumnya yang hanya fokus pada senyawa spesifik, alat ini dapat menganalisa keseluruhan kombinasi.

Xavier dan timnya telah melakukan pengujian pada 52 red wine dari kawasan Catalonia di Spanyol. Sebenarnya sebelum ini telah terlebih dahulu ada alat semacam untuk “membaca” wine, namun alat itu hanya bisa membaca senyawa kimia dan varian anggur yang digunakan. Sedangkan alat terbaru ini juga diklaim dapat memprediksi selera para wine steward.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.