DAIHATSU SIGRA MANUAL VS OTOMATIS

Ada yang beranggapan bahwa Daihatsu Sigra akan kepayahan jika dimuati beban penuh. Kami mengujinya dengan beragam skenario tes dan inilah jawabannya

Auto Bild Indonesia - - Content - 4Penulis: Tim Auto Bild

Bagaimana performa dan konsumsi BBM saat bawa beban penuh?

ejak beredar secara viral video Daihatsu Sigra yang ambles karena dimuati beban penuh, kami langsung terusik untuk menelusurinya. Tentu saja bukan sekadar melihat seberapa jauh bodinya turun, tapi kami langsung mengujinya dengan berbagai parameter saat kondisi bebannya penuh.

Selain kondisi beban penuh, tentu saja kedua jenis transmisi Daihatsu Sigra juga mengusik kami.

Bagaimana impresi dan perbedaannya saat dimuati beban penuh? Apakah transmisi manual yang diyakini digdaya dalam hal konsumsi bahan bakar dan akselerasi, bisa tetap lebih perkasa saat dimuati beban penuh dibanding saudara transmisi otomatisnya?

Selain itu, kami juga penasaran untuk menguji kemampuan pengeremannya. Karena telah kita ketahui bersama, bahwa beban akan berdampak pada kemampuan pe- ngereman.

Ada fakta unik soal pengereman, meski keduanya berada di tipe tertinggi, hanya Sigra dengan transmisi otomatis yang sudah dilengkapi rem ABS. Seperti apa hasilnya nanti?

Sekadar info, Daihatsu Sigra otomatis menggunakan jenis transmisi matik konvensional 4 percepatan. Sedangkan versi manualnya pakai 5 percepatan.

Keduanya menggunakan mesin sama yaitu 3NR-VE, berkapasitas 1.197 cc. Meski menggunakan basis mesin milik Toyota Etios, mesin Sigra telah dilengkapi teknologi katup variabel Dual-VVTi.

Sebagai data pembanding, kami juga akan menyajikan data pengujian berbagai parameter dengan kondisi beban kosong. Dengan itu, kami harap Anda akan bisa membayangkan lebih nyata, kemampuannya di saat kondisi kosong dan fully loaded. Seperti apa hasilnya? Segera buka lembar selanjutnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.