FIRST DRIVE: MERCEDES-BENZ GLS 400 EXCLUSIVE

SUV bongsor 7 penumpang ini mengincar hati keluarga mapan yang gemar bertualang. Selain tambahan menu berkendara off-road, ia juga menyuguhkan beragam kepraktisan. Inilah SUV paling mewah yang dihadirkan Mercy di Indonesia saat ini

Auto Bild Indonesia - - Content - 4Penulis: Ivan Casagrande Momot

SUV terbesar dan termewah Mercy di Indonesia

PT Mercedes-Benz Indonesia menggenapi janjinya untuk membombardir pasar SUV premium di Indonesia dengan menghadirkan GLS 400 Exclusive.

Bukan seperti lineline-up SUV Mercy yang lain. Inilah satu-satunya model SUV Mercy dengan komposisi 7 penumpang. Jadi meski hanya hadir dalam 1 varian, ia sudah menegaskan perbedaan utamanya.

SUV rakitan pabrik Mercedescedes-Benz di Wanaherang, Jawa Barat ini memang diplot untuk menggantikan seri GL yang sudah beredar sebelumnya.

Jadi meski rupanya biasa saja, mobil ini ibarat SClass versi SUV. Bersahaja di luar namun sarat kemewahanwahan di kabinnya.

Kelegaan ruang memang jadi tawaran utama GLS 400. Bodinya yang gambot menghasilkan dimensi panjang 5,1 meter lebih dan tinggi mobil 1,8 meter.

Hal positif dimana saat duduk di baris kedua kami mendapatkan ruang kaki yang luas. Pun dengan ruang kepala yang lapang dipayungi atap panoramicsunroof plus AC yang bisa disetel individual karena sudah tri-zone.

Tidak sekadar bisa rileks, tapi unsur hiburan di baris kedua mobil ini juga lengkap. Ada headrest monitor berukuran 8 inci yang bisa dinikmati. Selain bisa memutar DVD player, pada headrest ini juga tersedia slot wireless headphones.

Termasuk juga tiga soket Aux-In, plus remote control untuk kemudahan pengaturan fungsi di headrest monitor.

Kenyamanan duduk di baris ketiga nyatanya tidak senyaman duduk di baris kedua.

Meski ada ruang untuk dua tempat duduk tambahan, rasanya untuk kami setinggi 170 cm agak terbatas di ruang kaki dan kepala. Lebih pas jika ditempati anak-anak dengan tinggi badan maksimal 160 cm saja.

Meski begitu kami harus mengapresiasi unsur kepraktisan yang diberikan mobil ini. Untuk pelipatan bangku seluruhnya sudah elektris.

Hanya satu sentuhan

tombol, jok baris ketiga bisa terlihat rata. Sementara jok baris kedua terlipat dengan konfigurasi 60/40. Hasilnya komposisi bagasi kini jadi seluas 2.656 liter.

Puas menikmati kabin, kami langsung ambil posisi di balik kemudi. Meski bodinya besar, kami tidak merasa kesulitan saat me- ngendarai mobil ini.

Putaran stirnya ringan, bahkan saat berbelok kami dimudahkan dengan radius putar GLS 400 yang terhitung kecil. Menyenangkannya lagi ia juga masih menyelipkan paddle-shift untuk pengendaraan yang lebih sporti.

Bantingan suspensi mo- bil ini memang tergolong empuk. Semakin nyaman karena di dalam kabin kami bisa menikmati isolasi kabin yang terbilang kedap.

Kami memang belum mencoba mode berkendara off-road yang jadi amunisi tambahan GLS. Meski sudah ada tambahan mode individual, melengkapi mode yang sudah ada sebelumnya. Baik itu Comfort, Slippery dan Sport.

GLS 400 Exclusive kini juga sudah dilengkapi suspensi udara. Tingkat kekerasan suspensi bisa menyesuaikan mode berkendara dan kondisi jalan yang sedang dilewati.

Bahkan saat Anda memilih mode berkendara Sport, suspensi udara akan merunduk hingga 15 mm untuk menghasilkan karakter handling yang lebih baik.

Bahkan bodi yang besar bukan berarti selalu menyulitkan. Pasalnya sudah tersedia pula kamera 360° untuk memudahkan Anda saat harus bermanuver di celah sempit.

So, jika semua kelengkapan sudah cukup untuk membuat Anda nyaman. Maka tidak ada jalan yang sulit ditaklukkan GLS untuk Anda dan keluarga bertualang. Melaju kemana saja, dengan nyaman, praktis dan tentu saja mewah khas Mercedes-Benz.

Headrest monitor 8 inci bisa memutar format DVD

Ada mode berkendara baru yakni individual

Ruang kaki dan kepala di baris ketiga terbatas

Putaran setir ringan meski bodi GLS terbilang bongsor

Mesin 2.996 cc V6 dengan torsi besar hingga 480 Nm

Paddle-shift tersedia menunjang keasyikan berkendara

Pelipatan kursi semuanya sudah elektris

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.