USED CAR: BELI MOBIL BEKAS MODIFIKASI

Mencari mobil bekas impian memang gampang-gampang susah. Termasuk ketika ingin meminang mobil bekas yang telah mengalami modifikasi. Apakah itu menguntungkan atau malah jadi bumerang?

Auto Bild Indonesia - - Content - Penulis: Resa Azhara

Untung atau rugi?

Modifikasi mobil memang sudah merambah ke segala kalangan. Ada yang modifikasi sederhana hingga ekstrem sampai mengubah bentuk bodi misalnya. Tujuannya tentu saja ingin meningkatkan tampilan atau kualitas dari versi standar.

Di pasar mobkas tersedia banyak mobil bekas yang sebelumnya mengalami modifikasi. Sayangnya modifikasi yang dilakukan pemilik mobil tentu bukan menjadi selera banyak orang.

“Oleh sebab itu mobil bekas yang telah dimodifikasi tidak bisa memi- liki harga jual yang lebih tinggi dari yang standar. Bahkan bisa lebih murah, karena pembeli yang tidak suka harus memikirkan pengembalian kondisi

mobil itu,” kata Afif Budi Widyawan, Amin Auto Land di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Agar tidak mengeluarkan biaya yang besar dalam memgembalikan kondisi mobil bekas yang telah dimodifikasi, Anda pun harus mengetahui apa saja yang harus diperhatikan ketika membeli mobil bekas tersebut.

KAKI-KAKI

Pelek menjadi komponen yang banyak diganti oleh pemilik mobil untuk meningkatkan penampilan eksterior. Tapi ada batasan penggantiannya. Pelek hanya ditoleransi penggunaannya lebih besar 2 inci dari ukuran standar.

“Jika pelek yang digunakan lebih besar 2 inci, kaki-kaki mobil akan lebih cepat aus. Selain itu menggunakan pelek yang lebih besar juga tidak nyaman untuk digunakan,” ujar Afif.

Begitu juga ketika Anda mendapatkan mobil bekas yang sudah melakukan penggantian set suspensi, dengan asumsi untuk meningkatkan pengendalian.

Mayoritas penggantian komponen ini ditujukan membuat ground clearance menjadi lebih rendah. Selain tidak nyaman, bagian kolong juga menjadi cepat rusak ketika sering melewati jalan rusak. Baik karena terbentur atau bergesekan dengan permukaan jalan. Jika Anda mendapatkan mobil bekas dengan kondisi seperti ini lebih baik diganti dengan suspensi standar.

SISTEM AUDIO

Tak sedikit pemilik mobil melakukan upgrade sistem audio. Yang menjadi masalah jika upgrade audio itu dilakukan secara ekstrem. Pasalnya penggantian audio secara ekstrem bisa saja mengorbankan komponen interior lainnya. Salah satu contohnya doortrim. Jika menggunakan speaker yang berdiameter besar dari standar, tentunya membuat tempat baru dan dapat merusak doortrim.

Modifikator yang apik biasanya mengingatkan konsumennya untuk membeli doortrim lagi, agar ketika mobil itu dijual bisa dikembalikan kondisinya seperti semula.

Selain itu modifikasi ekstrem terkadang banyak menyita banyak tempat di dalam mobil. Salah satunya yang biasa dikorbankan adalah bagian bagasi yang dipenuhi perangkat keras audio. Kapasitas bagasi untuk mengangkut barang bawaan jadi berkurang. Ini tentu menyulitkan semisal ketika mobil digunakan untuk belanja bulanan.

BODI

Sebenarnya banyak hal yang dilakukan untuk memodifikasi bodi mobil. Tapi mayoritas pemilik mobil melakukan penggantian sebatas komponen plug and play, seperti gril, bumper dan lampu-lampu.

Untuk kondisi seperti ini tentu tidak masalah. Tapi jika Anda menemukan mobil bekas yang akan Anda pinang dalam kondisi sudah mengalami modifikasi bodi, coba tanyakan ketersediaan komponen OEM yang telah diganti. Kendati demikian untuk aksesori yang pemasangannya merusak bodi tentu ini menjadi masalah. Contohnya spoiler dan fender yang pemasangannya melubangi bodi mobil.

Pasalnya jika Anda tidak menyukai aksesori itu dan ingin melepasnya, bekas pemasangan aksesori akan meninggalkan luka di bodi. Mau tidak mau Anda harus melakukan pengecatan untuk memperbaiki luka tersebut.

MESIN

Tidak sedikit para pemilik mobil yang mencintai kecepatan melakukan upgrade mesin agar performanya meningkat. Yang jadi masalah ketika mobil bekas yang Anda incar telah melakukan upgrade mesin secara ekstrem.

“Memang mesin bisa saja dikembalikan seperti kondisi standar. Tapi biasanya suara mesinnya menjadi lebih berisik dibandingkan kondisi semula,” kata Afif.

Mengindikasikan kondisi melalui suara menjadi cara ampuh untuk pengecekan mesin. Jika mobil bekas yang akan Anda incar telah mengalami upgrade mesin secara ekstrem, lebih baik urungkan niat Anda. Karena selain durability mesin itu tidak bisa diprediksi, garansi dari pabrikan pun akan hilang.

Menurunkan ground clearance termasuk banyak dilakukan pemilik mobil

Jika spoiler dilepas, pasti melukai cat mobil

Pengecekan mesin biasa melalui suara

Konsumen lebih tertarik dengan interior yang orisinal

Untuk mengembalikan fender tambahan membutuhkan biaya yang besar

Pemasangan body kit pada bumper bisa meninggalkan bekas jika dilepas

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.