TOP STORY: MERCEDES-BENZ X-CLASS

Memang benar jika Mercy mempunyai SUV tangguh untuk sekadar melahap medan off-road. Tapi X-Class dibuat sebagai jawaban tepat sebagai kendaraan outdoor sejati

Auto Bild Indonesia - - Content - 4Penulis: Danang Wasito

Off-roader mewah

Untuk kategori mobil bak terbuka atau pick-up di keluarga Mercy sebenarnya bukan yang pertama. Sebelumnya sudah ada Unimog atau MercedesAMG G63 yang begitu perkasa di medan off-road. Tapi dengan memperkenalkan X-Class, produsen berlambang three-pointed star ini seolah berhasil memukau para penggila otomotif.

Sudah pasti magnet terbesarnya karena X-Class bisa dikatakan kelas baru untuk Mercedes-Benz. Sebuah mobil yang terlahir sebagai ras D-Cab yang identik sebagai pekerja keras tapi dibalut cita rasa mewah khas Mercy.

Menjadikan kombinasi yang menarik antara de- sain menawan, kabin mewah, nyaman, dan tangguh di berbagai permukaan jalan. Tapi jika Anda penasaran tentang mobil ini, Mercedes-Benz belum memberikan data spesifikasi secara rinci karena memang masih dalam wujud purwarupa.

Namun pikap premium ini digadang-gadang akan menggunakan sasis ladder-frame yang masih sama dengan Nissan Navara. Karena terkenal sebagai sasis yang kokoh, Mercedes-Benz pun mengklaim bahwa X-Class sanggup membawa beban lebih dari 1,1 ton dan towing hingga 3,5 ton.

Untuk pasar Eropa, varian tertinggi X-Class akan dijejali mesin diesel berkapasitas 3.000 cc V6 yang sanggup merilis tenaga 264 dk dan torsi 620 Nm. Kemudian ia juga dibekali dengan penggerak 4MATIC all-wheel drive secara permanen.

Itu ditambahkan fitur kontrol traksi elektronik dua differential lock agar X-Class sanggup berjalan di medan off-road ekstrem. Sebagai pemanis, di dalam kabin fitur perangkat hiburan berupa monitor juga hadir.

Meski saat ini masih konsep, Mercedes-Benz akan mulai menjual X-Class di akhir 2017. Target pasarnya masih menyasar negara-negara Eropa, Australia dan beberapa negara latin. Tapi jika Mercedes-Benz Indonesia sampai serius mendatangkan X-Class untuk pasar Indonesia, mungkin X-Class menjadi mobil D-Cab premium tanpa rival.

X-Class Stylish Explorer dibekali pelek berdiameter lebar berdiameter 22 inci

Kedua varian X-Class dilengkapai monitor sebagai perangkat hiburan dan material berkualitas

Interior X-Class Stylish Explorer kental akan nuansa luks berkat aksen wood panel

Kabin X-Class Powerful Adventurer memiliki aura sporti lengkap dengan aksen kuning

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.