DRESS UP: MENDANDANI RENAULT KWID

Tampilan Renault Kwid memang cukup bersahaja. Mulai dari pelek berukuran kecil hingga interior yang biasa, membuatnya jauh dari kesan luks ala Eropa. Bagaimana cara upgrade-nya?

Auto Bild Indonesia - - Content - 4Penulis : Ivan Casagande Momot

Upgrade pelek, interior, dan audio

Renault tampil mengejutkan dengan menghadirkan crossover baru berlabel Kwid. Tidak saja banderol yang terjangkau yakni Rp 117 juta. Tapi juga pekerjaan rumah lain bagi calon pemilik yang hendak meminang dan memodifikasi mobil ini.

Pekerjaan pertama tentu saja aplikasi ban yang hanya menggunakan 3 baut roda. Cukup sulit untuk mencari pelek aftermarket dengan PCD 3x100 seperti yang terpasang di Kwid saat ini. Opsi yang bisa ditempuh adalah dengan bubut PCD untuk mengubah jarak antar baut roda di teromol.

“Kalau mau tambah jumlah lubang karena ukuran PCD berbeda, bisa bubut PCD. Jadi dari yang tadinya 3 baut diubah jadi 4 baut, nah pilihannya bisa jadi PCD 4x100 atau 4x114,” ujar Edy, Service Advisor Metro Tires Rims.

Jika pemilik mobil enggan melakukan bubut PCD karena rentan menggugurkan garansi bisa memilih opsi penggunaan adaptor. Kekuatan adaptor terletak pada baut standar mobil dimana adaptor ditanam baut lagi sesuai dengan lubang PCD baru meski kerja baut standar menjadi lebih berat.

“Kalau sudah jadi PCD 4x100 sudah banyak pilihannya. Tapi kalau mau lebih sporti bisa pakai pelek replika HSR model palang 5,” tambah Edy. Jika PCD normal sudah didapatkan tinggal memadupadankan ukuran pelek dengan ban. Bisa kombinasi pelek 14 inci dengan ban 195/55 atau dengan pelek 15 inci de-

ngan ban 195/50.

PT Auto Euro Indonesia selaku mitra Renault di Indonesia memang tidak tinggal diam. Mereka juga tengah menyiapkan opsi pelek alloy OE ukuran 14 inci untuk konsumen Kwid kelak.

Meski demikian, pekerjaan rumah masih berlanjut. Tampilan kabin Kwid simpel. Memang sudah ada monitor layar sentuh berukuran 7 inci yang multifungsi, tapi aura kabin keseluruhan tidaklah terlalu menggugah terutama tata suara yang dihasilkan oleh sistem audio Kwid.

“Kalau saya lihat pintu depan Kwid masih kosong, tanpa ada dudukan speaker. Mungkin bisa melakukan pemasangan peredam pada sisi interior terlebih dahulu,” buka Eddie Susanto, Technical Head Cartens Audio.

Proses untuk meramu suara audio juga bisa dipilih yang simpel. “Untuk upgrade audio bisa meng- gunakan speaker split 4 inci dibantu subwoofer aktif yang bisa ditempatkan di bawah jok,” tambah Eddie.

Sementara untuk ubahan interior Kwid bisa dimulai permainan kombinasi warna. “Pada dasarnya sudah keren. Tapi dasbor bisa dibikin dua warna dan konsol yang terpisah juga bisa dicat warna yang lain,” ujar Andre Mulyadi dari PT Signal Group Indonesia.

Dari dasbor, pengguna Kwid juga bisa membidik area jok untuk ubahan lanjutan. “Untuk masalah jok yang tipis pada saat dibungkus bisa langsung ditambahkan. Opsi warnanya bisa menggunakan kulit sintetis warna terang dari AP Force Mustang yang memang banyak pilihannya,” ujar Andre lagi.

Sederet pekerjaan rumah di atas memang menjadi masalah dasar jika Renault Kwid yang Anda pilih ingin tampil berbeda. Tapi dengan komposisi yang tepat dan tidak berlebihan, niscaya Kwid Anda akan jadi sedap dipandang mata dan tampil berbeda dari yang lain.

Upgrade audio bisa menggunakan speaker split 4 inci

Subwoofer aktif dipilih untuk menyiasati kabin Kwid yang sempit

Sebelum menjejali perangkat audio sebaiknya pasang dulu peredam kabin

Opsi pelek OE 14 inci tengah disiapkan prinsipal

Permainan warna yang kontras bisa diaplikasi di dasbor dan setir

Ubah PCD diperlukan saat hendak mengganti model pelek

Saat bubut PCD pastikan PCD Kwid jadi 4x100

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.