TEST DRIVE: LEXUS RX200t

Lexus RX 200t kini menggunakan mesin baru dengan kapasitas lebih kecil. Dengan format ini, apakah menurunkan performanya?

Auto Bild Indonesia - - Content - 4Penulis: Resa Azhara

Mesin kecil tenaga besar

Di Indonesia Lexus memanjakan konsumennya dengan memberikan 3 pilihan SUV. Mereka adalah seri NX, RX, dan LX yang merupakan SUV termewah lansiran Lexus.

Kini kami berkesem- patan untuk menguji performa yang dimiliki oleh Lexus RX 200t. Ia merupakan sebuah SUV dari Lexus yang memiliki kasta menengah, baik soal dimensi, fitur, harga, kemewahan dan kenyamanan.

Secara kasat mata, Lexus RX dengan NX memiliki desain eksterior yang mirip. Semua itu terlihat dari garis lekukan yang tegas sebagai ciri khas SUV dari Lexus saat ini.

Tapi jika berbicara soal dimensi RX dan NX, tentu saja jauh berbeda. RX terlihat lebih bongsor dengan memiliki panjang 4.890 mm, lebar 1.895 mm dan tinggi 1.690 mm. Sedangkan NX hanya punya panjang 4.630 mm, lebar 1.845 mm dan tinggi 1.645 mm.

Impresi awal ketika melihat bagian kabinnya, tercium sebuah aura ke-

mewahan yang tertuang melalui desain yang futuristis dan paduan warna hitam dan cokelat. Tak sabar kami ingin segera masuk ke dalam kabin untuk mengetahui lebih banyak kelebihannya.

Benar saja Lexus RX 200t memberikan kenyamanan melalui kursi yang terasa pas di badan. Selain itu pada bagian depan, ia juga memiliki visibilitas yang luas ke berbagai arah.

Dengan memiliki dimensi yang lebih besar, RX 200t tentu saja memiliki kelapangan kabin yang lebih dibandingkan dengan Lexus NX. Hal itu terbukti dari legroom dan headroom yang lapang, baik di bangku baris pertama dan baris kedua.

Tidak hanya itu pada bangku baris kedua, penumpang dimudahkan dengan pengaturan kursi secara elektris. Soal kenyamanan juga tak diragukan, pasalnya di sana tersedia ventilator AC dan penghangat tubuh yang tertanam di setiap kursi.

Sebenarnya Lexus RX 200t adalah sebuah reinkarnasi dari RX 270 yang kini telah diskontinyu. Dulu RX 270 adalah trim terendah karena memiliki kapasitas mesin paling kecil.

Pada generasi keempat trim RX 270 digantikan dengan RX 200t dengan mesin yang membonsai. Tapi dengan mengecilnya kapasitas mesin, justru tenaga dan torsi meningkat berkat penggunaan teknologi turbo.

Buktinya mesin RX 270 menghadirkan tenaga 185 dk dan torsi 252 Nm. Sedang- kan RX 200t dengan mesin berkode 8AR-FTS mampu memberikan tenaga 235 dk dan torsi 350 Nm. Sekadar informasi, mesin 8AR-FTS juga digunakan oleh NX 200t dan GS 200t.

Bagaimana dengan impresi berkendaranya? Berkat aplikasi penggunaan turbo dan torsi yang besar, tentu saja tenaga terasa sigap di berbagai putaran mesin. Bukti ketangguhan performa yang dimiliki tercermin melalui catatan waktu akselerasi 0-100 km/ jam yang mampu dituntaskan hanya dengan waktu 8,8 detik.

Bicara soal pengendalian, RX 200t memiliki handling yang cukup tajam dengan gejala limbung yang minim. Semua itu tak lepas berkat set suspensi yang rigid, penggunaan pelek berdiameter 20 inci dan profil ban tipis nan lebar.

Sayangnya kelebihannya dalam hal pengendalian berkonsekuensi pada bantingan suspensi yang menjadi terasa keras. Hal itu kami rasakan ketika roda menghantam lubang di jalan, entakan yang keras pun hadir.

Kendati demikian kami ditakjubkan dengan keheningan kabin dari RX 200t. Baik suara kendaraan lain, hingga desing ban nyaris tak terdengar.

Satu hal lagi yang kami harus informasikan, karena RX 200t adalah trim terendah dari generasi RX, ia pun hanya bermodalkan sistem penggerak 2 roda. Tidak seperti trim RX 350 Luxury dan RX 350 F SPORT yang memiliki sistem penggerak 4 roda.

Drive Mode yang dimilikinya pun lebih sederhana, karena hanya menyediakan ECO, Normal dan Sport. Tidak seperti Lexus RX 200t F SPORT yang pernah kami cicipi, ia menyediakan tiga pilihan Drive Mode lebih lengkap, yaitu Eco, Sport S dan Sport S+.

Desain terbaru terlihat menggoda

Kabin terlihat mewah berkat paduan warna hitam dan cokelat

Mesin berkodekan 8AR-FTS lebih bertenaga

Desain eksterior terlihat tajam

Kursi terasa nyaman dan pas di badan

Sunroof-panoramic memanjakan penumpang

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.