TEST DRIVE: MINI COOPER S COUNTRYMAN

Dimensi besar, suspensi lembut serta terdapat fitur-fitur baru yang menunjang kepraktisan membuat Countryman layak dinobatkan sebagai MINI ternyaman yang pernah dibuat

Auto Bild Indonesia - - Content - 4Penulis: Aries Aditya Putra

Paling nyaman

Semua penggemar MINI pasti tahu, mobil ini memiliki karakter handling khas yakni ‘ go

kart feel’. Karakter bantingan suspensi yang keras memang sudah jamak di semua mobil MINI. Bisa jadi, ia laku terjual salah satunya karena karakter khasnya tersebut.

Tapi tidak untuk Countryman ter- baru yang menggunakan kode bodi F60 ini. Berkat kombinasi wheelbase yang lebih panjang 75 mm dari generasi pendahulunya (jadi 2.670 mm) serta ban profil tebal berukuran 225/50 R18, membuatnya masih terasa nyaman saat melintasi jalan bergelombang sekalipun.

Yup, dari yang kami rasakan, mobil yang masuk dalam segmen SUV ini jauh lebih nyaman dari sisi bantingan ketika melintas di permukaan tak rata. Karakternya jauh lebih lembut dari MINI Cooper 3-doors yang bantingannya terasa sangat kaku.

Kepraktisan mobil ini juga meningkat berkat beberapa fitur anyar yang baru pertama kali dihadirkan di keluarga MINI. Sebut saja jok yang kini bisa diatur secara elektris dan baru dikenalkan pada Countryman. Asyiknya lagi, sudah ada fungsi memory seat yang berfungsi menyimpan posisi duduk untuk dua orang pengemudi.

Tanpa berpanjang lebar lagi, kini saatnya kami mencoba mesin empat silinder segaris yang memiliki kapasitas 1.998 cc ini ketika dipadu-

kan dengan dimensi Countryman yang besar.

Pada versi Cooper S, mesin yang sudah aplikasi teknologi TwinPower Turbo ini bisa menghasilkan tenaga 192 dk yang bisa diraih pada putaran 5.000 rpm serta torsi maksimal di angka 280 Nm. Torsi besar itu bahkan sudah melecut sejak putaran 1.350 rpm. Potensi mesin tersebut lalu disalurkan melalui transmisi otomatis 8 percepatan.

Ada hal menarik dari transmisi yang digunakan pada Countryman. Transmisi ini sudah terhubung de- ngan sistem navigasi yang memang dibuat khusus dari BMW Group.

Jadi, gigi transmisi tidak hanya berpindah berdasarkan putaran mesin saja. Namun, perpindahan gigi transmisi juga bisa ditahan ketika sistem navigasi membaca di depan terdapat tikungan. Sehingga tenaga mesin yang disalurkan bisa lebih efektif dan penggunaan bahan bakar bisa lebih efisien.

Dengan spek yang ada di atas, Countryman mampu menuntaskan

sprint 0-100 km/jam dalam waktu 7,8 detik. Terpaut 0,3 detik lebih lambat dibanding MINI Cooper S

Clubman yang punya bobot lebih ringan 100 kg. Konsumsi bahan bakar pun tidak terpaut jauh. Untuk rute dalam kota catatannya 10,5 km/l sedang rute tol 18,5 km/l ketika menggunakan mode Green.

Tidak heran jika Anda akan merasakan seperti orang sedang jatuh cinta yang akan tersenyumsenyum sendiri ketika mengemudikan Countryman terbaru ini. Apalagi ketika Anda melihat ke layar monitor berukuran 8,8 inci yang kini bisa disentuh layaknya layar

smartphone.

Terdapat fitur MINI Country Timer yang menyesuaikan dengan pergerakan mobil berdasarkan kondisi jalan dilalui. Pada menu tersebut terdapat gambar hati yang di sebe- lahnya terdapat angka. Mirip seperti alat deteksi jantung yang sedang menghitung denyut jantung.

Angka tersebut semakin besar manakala Anda melintasi jalan bergelombang, jalan rusak bahkan hingga trek off-road. Pada kondisi pertama, Anda akan ada di status Street Cruiser dengan gambar mobil masih standar.

Begitu Anda melintasi jalan lebih rusak dan jumlah bintang sudah mencapai tiga, maka otomatis gambar mobil akan berganti dengan ban besar dan suspensi lebih tinggi lengkap dengan bumper besi di bagian depan dan belakang. Dari Street Cruiser statusnya menjadi Cliff Champ. Hal inilah yang akan membuat Anda tersenyum-senyum sendiri.

Khusus varian MINI Cooper S Countryman, bagasi belakang sudah bisa dibuka secara otomatis. Ada empat cara untuk membuka pintu bagasi ini.

Pertama melalui tombol yang ada di pintu bagasi. Kedua melalui

remote control, ketiga tombol yang ada di doortrim pintu pengemudi dan terakhir, Anda bisa ayunkan kaki di bawah bumper belakang. MINI menyebutnya sebagai fitur Comfort Access. Begitu juga ketika menutup pintu bagasi, Anda bisa lakukan seperti membukanya.

Setidaknya, dengan segala kebaruan yang dimilikinya, unsur kenyamanan dan kepraktisan, membuat Countryman terbaru layak diperhitungkan.

Jok baris kedua kini bisa digeser maju-mundur sejauh 130 mm

MINI Country Timer memberikan informasi terkini soal pergerakan mobil

LED di panel dasbor bisa menampilkan warna-warna cerah ketika kondisi gelap

Pelek berukuran lebih besar yaitu 18

inci dengan ban profil tebal

Berkat adanya Picnic Bench ketika sedang aktifitas luar tidak sulit lagi jika sekadar ingin mengganti sepatu misalnya

Ketika jok dilipat, volume bagasi bisa mencapai 1.390 liter

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.