FIRST IMPRESSION: BMW M760Li xDRIVE

Auto Bild Indonesia - - Content - 4Penulis: Aries Aditya Putra

Mewah dan kencang

Betapa beruntungnya, perjalanan ke Korea Selatan untuk menghadiri acara BMW M Driving Experience sebenarnya bukan direncanakan dari jauh hari untuk saya. Perjalanan tersebut terjadi karena Editor saya yang seharusnya berangkat, justru harus menghadiri sebuah konser besar dari band ternama yang sudah direncanakan dari jauh hari.

Beruntungnya lagi, ketika di Driving Center Korea yang menjadi pusat acara, saya menemui sosok sedan mewah dengan tampilan yang sangat sporti. Ya, sosok itu merupakan BMW M760Li xDrive yang akan sulit ditemui di Indonesia dalam waktu dekat. Di sela padatnya acara tersebut, saya pun menyempatkan diri untuk mendokumentasikan mobil ini dari berbagai sudut.

Sosok mewah dari sedan Seri 7 sedikit pudar ketika dilihat dari tampilan eksteriornya. Pada bagian fascia, bumper depan terlihat lebih aerodinamis dengan airdam berukuran besar dari M Package. Pun begitu di bagian buritan, karakter sporti coba dituangkan dari bentuk sepasang muffler yang menghiasi bumper belakang racikan M Sport. Desain pelek palang lima double spoke berukuran 20 inci yang diberi sentuhan warna Cerium Grey Matt menambah aura sporti dari mobil ini. Ditambah lagi, adanya emblem M di bagian samping, emblem V12 di pilar C serta emblem xDrive di bagian buritan semakin mencirikan kalau mobil ini punya tenaga yang buas.

Di bagian interior memang tidak terlihat spesial memang. Aura kemewahan masih bisa dirasakan dari mobil seharga 223,3 juta Won (Rp 2,6 miliar) di Korea ini. Paduan Alcantara dan Nappa leather digunakan untuk melapis semua jok yang membuat penumpangnya akan merasa nyaman. Tapi rasanya sedikit sayang jika pembeli mobil ini hanya menikmati duduk di jok belakang tanpa mencoba kebuasan dari mesinnya.

Fitur-fitur andalan di BMW Seri 7 pun tidak dihilangkan. Seperti fitur Gesture Control, serta fungsi infotainment untuk penumpang belakang masih tersedia di mobil ini. Yang terlihat berbeda yaitu adanya sebuah tulisan V12 yang tertera di bagian konsol tengah dekat tuas transmisi. Begitu juga dengan lingkar kemudi yang kini terdapat logo M di palang bagian bawahnya.

Satu hal yang menarik adalah ketika Anda membuka kap mesinnya. Ruang mesin terlihat sangat padat. Hal ini juga tergambar dari cover mesin berbahan plastik yang menutupi seluruh bagian mesin.

Seperti yang telah diungkap di atas, M760Li ini menggunakan mesin berkonfigurasi V12 dengan kapasitas 6.592 cc. Apalagi berkat bantuan teknologi TwinPower turbo, tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 610 dk pada putaran 5.500 rpm serta torsi di angka 800 Nm yang bisa diraih mulai putaran 1.500 rpm.

Mobil ini menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan yang disalurkan ke seluruh roda khas BMW yang diberi nama xDrive. Dengan sedikit setting pada program perpindahan gigi dari M Performance, membuat perpindahan gigi terasa lebih sporti.

Maka tak heran, walau mobil ini memiliki bobot lebih dari 2,5 ton tapi BMW M760Li diklaim mampu meraih akselerasi dari 0-100 km/ jam dalam waktu hanya 3,7 detik saja. Yup, lebih cepat 0,2 detik dari klaim BMW M4 CS yang baru menjalani debutnya di Shanghai Auto Show 2017. Kecepatan maksimal mampu meraih angka 305 km/jam yang dibatasi secara elektronis.

Akan menjadi sebuah keberuntungan lagi bagi saya kalau suatu saat dapat melihat mobil ini di Indonesia dan bisa merasakan kebuasan dari mesinnya.

Fungsi infotaiment tetap dihadirkan demi memanjakan penumpang belakang

Tidak ada yang berbeda dibanding dari Seri 7 lainnya kecuali lingkar kemudi yang terdapat logo M

Terdapat logo V12 di dekat kenop iDrive

Kompartemen mesin begitu padat berkat mesin konfigurasi V12

Hati-hati jika Seri 7 terdapat logo ini. Bisa-bisa Anda akan terus melihat emblem ini sampai tak terbaca ketika pengemudinya menekan pedal gas dalam-dalam

Desain pelek palang lima double spoke berukuran 20 inci dengan finishing Cerium Grey mampu memberi aura sporti

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.