CAR CARE: PERAWATAN MEKANISME JOK

Mekanisme jok merupakan hal yang penting untuk dirawat. Tak lain karena ia merupakan salah satu penyangga kenyamanan berkendara

Auto Bild Indonesia - - Content - 4Penulis: Danang Wasito

Cara mudah jok tetap sehat

Sepintas memang terlihat sepele namun mekanisme jok memiliki peranan penting untuk memberikan posisi berkendara yang ideal. Dari beberapa pengaturan, Anda bisa merubah posisi ruang kaki, posisi sudut sandaran pung- gung, ataupun ketinggian jok pada bangku pengemudi.

Sejatinya mekanisme jok sendiri bukan termasuk komponen yang membutuhkan perawatan berkala. Namun, untuk menjaga agar tetap bekerja dengan baik, perawatan pun perlu dilakukan.

“Jok mobil sendiri bisa dikatakan bukan komponen mobil yang membutuhkan perawatan rutin. Untuk menjaganya tetap bekerja dengan baik, perawatan yang bisa dilakukan adalah pada perilaku penggunaannya sendiri,” ujar Subagyo, Service

Head Auto2000 Alam Sutera.

Untuk mekanisme jok sendiri terdiri dari dua cara kerja yaitu elektris dan mekanis. Lantas apa saja yang perlu dicermati?

Mekanisme Jok Mekanis

Untuk jok dengan pengaturan mekanis, Subagyo menjelaskan saat merubah sudut sandaran duduk ( reclining) atau memaju-mundurkan ( sliding) posisi jok agar dilakukan dengan cara yang tepat.

Pada reclining mekanis, dalam mekanismenya terdapat roda gigi dan komponen pengunci. Jadi ketika ingin merubah sudut sandaran, baiknya ketika menarik tuas untuk me- release pengunci sandaran dilakukan secara penuh terlebih dahulu. Begitu juga dengan proses sli

ding, proses buka tuas pengunci pun dilakukan secara penuh. Namun,

saat proses memaju-mundurkan jok, Subagyo menganjurkan agar prosesnya dilakukan dengan cara yang halus.

Tentunya kedua proses tersebut dimaksudkan untuk mencegah saling beradunya antar komponen. Tak hanya itu, kebersihan kabin terutama bagian kolong jok juga menjadi faktor penting. Ini penting dilakukan untuk mencegah benda asing masuk kedalam rel sliding jok.

Selain itu, biasakan untuk meletakkan barang lebih terkoordinasi. Contohnya agar tidak sering meninggalkan sandal dibawah jok karena tidak menutup kemungkinan posisinya berubah dan menyangkut di lintasan rel.

Lalu untuk menjaga komponen mekanisme jok tetap terjaga, jangan ragu untuk menyemprotkan cairan anti karat pada bagian rel atau engsel di bagian

reclining. Dan dalam penyemprotan baiknya dilakukan secukupnya.

Lalu Bagaimana Perawatan Jok Elektris?

Karena pengaturan jok elektris dikerjakan oleh motor listrik dan lebih praktis karena hanya menekan tombol, Subagyo menjelaskan tidak ada perlakuan khusus layaknya jok manual.

Selama motor listrik dapat bekerja dengan baik, maka Anda cukup menjaga kebersihan kabin. Hanya saja tidak disarankan untuk menyemprotkan cairan anti karat agar tidak merusak sistem kelistrikan di jok elektris.

Berapa Biaya Untuk Penggantian Komponen Mekanisme Jok?

Walau jarang dijumpai kerusakan pada komponen mekanisme jok, jika harus dilakukan penggantian, ternyata cukup memakan biaya. Apalagi untuk jok elektris.

Untuk mobil sekelas Toyota Camry, untuk penggantian motor listriknya saja berada di rentang harga Rp 3-4 juta. Sedangkan untuk satu jok elektris Toyota Camry terdiri dari 3 motor.

Lalu untuk jok mekanis yang bisa dijumpai pada Toyota Avanza, biaya penggantian satu set sliding jok memiliki rentang harga sampai Rp 1-2 juta.

Perilaku penggunaan menentukan umur komponen mekanisme jok

Biasakan jangan ada benda di kolong jok

Motor jok elektris berbiaya mahal kalau rusak

Penyemprotan cairan anti karat dilakukan secukupnya. Baik pada rel sliding atau engsel reclining

Jok elektris lebih minim perawatan

Tarik tuas pengunci secara penuh agar komponen tidak saling beradu

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.