BUYER’S GUIDE: HARGA MOBIL 7 SEATER

Sudah sewajarnya menjelang musim liburan, pasar mobil bekas kembali bergejolak. Tak berbeda dari tahun sebelumnya, saat ini mobil 7-seater masih paling diminati

Auto Bild Indonesia - - Content - Penulis : Purwandana Budyandaka

Masih jadi incaran

Berlibur atau mudik telah menjadi ritual tahunan hampir seluruh lapisan masyarakat khususnya yang merantau di kota-kota besar. Jalur darat masih menjadi pilihan utama bagi sebagian orang, terlebih menggunakan mobil pribadi saat ini seperti menjadi tren sebagai tolok ukur kesuksesan.

Fenomena ini kerap menjadi sinyal positif bagi penjual mobil bekas karena banyaknya permintaan. Otomatis harga pun menyesuaikan seiring keterbatasan unit. Sebagian besar pedagang mobil bekas menyebutkan bahwa kondisi saat ini masih kurang baik untuk industri otomotif, khususnya mo- bil bekas. Penjualan semakin sulit karena harga mobil baru kini juga semakin terjangkau berkat adanya diskon besar.

Namun, ternyata hal ini tak sampai mengganggu perputaran uang para pelakunya. Meski tak sebanyak 2-3 tahun lalu, masih ada peminat yang mencari mobil bekas menjelang musim liburan hanya untuk keperluan mudik. Khususnya bagi mobil yang punya kapasitas 7 penumpang, baik berjenis MPV maupun SUV.

Gejolak pasar mobil bekas 7-seater bahkan sudah terlihat sejak sebulan menjelang bulan puasa. MPV populer seperti Toyota Kijang Innova, Daihatsu Xenia, Nissan Grand Livina, hingga Chevrolet

Spin pun masih banyak dicari. Alasannya tentu karena daya angkut yang mumpuni ketika harus mudik bersama keluarga.

Hal ini praktis berpengaruh langsung kepada harga jualnya. Kami mengunjungi beberapa

showroom mobil bekas di berbagai daerah, jawaban yang kami dapat pun sama. Rata-rata harga jual MPV 7- seater melonjak mulai dari 5-15% dari harga normal. “Harga naik bukan karena banyaknya permintaan saja, tapi juga karena harga dasar yang turut meningkat. Momentum ini sekaligus jadi saat yang tepat untuk jual mobil,” ujar Yudi, pemilik gerai Pandawa Mobil di pasar mobkas ITC Permata Hijau.

Uniknya, kenaikan harga tidak tergantung dari merek mobil yang Anda cari. Sehingga dapat dipastikan apapun merek mobilnya, selama berjenis MPV dan berkonfigurasi 7 penumpang harganya akan naik. Padahal idealnya, depresiasi harga mobil baru setiap tahunnya berkisar 10% dan resale value menjadi kunci untuk memperkuat posisi suatu mobil di pasar, tetapi tidak berlaku untuk momentum ini.

“Sayangnya untuk SUV bekas peminatnya tidak terlalu banyak, dan lucunya justru hatchback juga masih diincar keluarga muda yang anggota keluarganya terbatas,” tambah Devis yang bermarkas di CH Auto. MPV masih lekat di benak masyarakat Indonesia sebagai alat transportasi yang punya fungsi lebih untuk mengangkut keluarga besar, khususnya dalam soal akomodasi.

MPV masih jadi pilihan paling populer

MPV tawarkan akomodasi paling fleksibel

Peminat SUV

lebih sedikit ketimbang MPV

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.