SSANGYONG XAVL CONCEPT

Perpaduan SUV dan MPV

Auto Bild Indonesia - - Content - 4Penulis : Resa Azhara

Kejutan besar dari SsangYong dengan menghadirkan SUV 7 penumpang di Geneva Motor Show 2017. Mobil itu adalah SsangYong XAVL Concept yang akan menjadi rival bagi Kia Sorento dan Hyundai Santa Fe. XAVL Concept ini adalah pengembangan dari XAV Concept yang dipajang di Frankfurt Motor Show pada 2015 lalu.

Hal menarik yang ditawarkan kepada konsumen dari XAVL Concept adalah desain futuristis yang dimilikinya. Terlihat ubahan besar dari karakter desain SsangYong dengan lekukan-lekukan tajam yang agresif.

Johng Sik-Choi, CEO SsangYong Motor Company, menjelaskan XAVL Concept ini adalah perpaduan dari kemampuan off-road sebuah SUV dan fleksibilitas sebuah MPV. Tak heran jika sebatas mata melihat, XAVL Concept memiliki ground clearance yang apik untuk diajak berpetualang tapi juga memiliki kapasitas 7 penumpang.

Pada kabinnya, SsangYong menawarkan interior lapang dan dibalut teknologi terkini. Salah satu yang ditawarkan adalah panel instrumen full digital di balik lingkar kemudi.

Tak hanya itu, di tengah dasbor tersedia sebuah layar infotainment LCD berukuran 10,15 inci yang sudah terkoneksi dengan internet. Begitu juga beberapa pengaturan, salah satunya pendingin udara dan gadget bisa diatur melalui layar tersebut.

Jika dilihat dari fitur-fitur yang disediakan, SsangYong XAVL Concept cukup meman - jakan kon - s u men - nya. Sebut saja

automatic emergency braking, lane change and keep assist, high beam assist, blind spot detectors dan rear cross traffic alert.

Bahkan yang unik dari SsangYong XAVL Concept hadirnya sebuah airbag yang berfungsi untuk pejalan kaki. Jadi cara kerjanya, ketika menabrak pejalan kaki, airbag yang disematkan di kaca akan keluar untuk meminimalisasi benturan.

Ssangyong juga mengisyaratkan mesin yang akan digunakannya, ketika XAVL mulai diproduksi secara massal. Rencananya mesin yang akan digunakan adalah mesin bensin turbo 1.500 cc dan diesel 1.600 cc dengan pilihan transmisi manual dan otomatis.

Namun, untuk sistem pengerak roda masih tanda tanya. Pihak SsangYong saat

ini menginformasikan bahwa kemungkinan besar XAVL akan menggunakan sistem penggerak roda depan. Namun, tak menutup kemungkinan juga untuk menghadirkan versi four wheel drive kelak nanti.

Berdasarkan informasi dari Johng-sik Choi, XAVL akan dijual akhir dekade ini. Nantinya SUV ini juga akan menggunakan platform

monocoque global untuk membangun SUV dan MPV miliknya hingga lima tahun ke depan.

Karakter desain mobil masa depan

Aura futuristis hadir pada kabinnya

Pengaturan audio dan cruise control tersedia di setir

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.