BUYER’S GUIDE: JUAL MOBKAS DI KAMPUNG HALAMAN

Cara dapatkan penawaran tertinggi

Auto Bild Indonesia - - Content - 4Penulis : Resa Azhara

Ada isu yang beredar, harga mobil bekas di luar Jakarta lebih tinggi. Apakah musim libur Lebaran ini bisa dimanfaatkan untuk menjual mobil?

Momentum berlibur di hari Lebaran sebentar lagi dilaksanakan. Di waktu itu ternyata bisa dimanfaatkan untuk menjual mobil lama Anda di luar kota dan mendapatkan harga jual di atas harga pasaran di Jakarta.

Hal itu karena banyak cerita pemilik mobil yang pernah menjual mobilnya di luar Jakarta se- lagi berlibur seperti saat Lebaran. Memang faktanya banyak pedagang mobkas dari luar Jakarta yang membeli mobil di Jakarta untuk dijual di daerah asalnya. Jadi apakah layak menjual mobil lama di luar Jakarta sembari libur Lebaran?

Menurut Afif Budi Widyawan, pemilik showroom mobil bekas Amin Auto Land di Duren Sawit, Jakarta Timur, mobil bekas di luar

kota dengan merek, tipe dan tahun yang serupa jelas lebih mahal ketimbang dari Jakarta.

“Harga pasti lebih tinggi di Jakarta. Persentase perbedaan harganya sekitar 5% lebih mahal untuk di pulau Jawa dan 10% lebih mahal di luar pulau Jawa,” ujar Afif. Meski kami akui, bahwa harga ini tidak berpengaruh untuk di daerah Jawa Barat dan Banten, karena terhitung jarak tak begitu jauh dengan Jakarta.

Afif pun menambahkan, “Tak hanya harga, ketika berbicara mengenai kondisi juga berbeda ternyata lebih bagus Jakarta dibandingkan di luar kota pada umumnya.”

Menurut Afif, logikanya populasi mobil lebih banyak di Jakarta sehingga ketersedian sparepart di Jakarta lebih banyak dan lengkap dibandingkan di luar Jakarta. Oleh sebab itu untuk kondisi mobil lebih terjaga dengan baik di Jakarta.

Lalu mobil apa yang menjadi incaran konsumen mobil bekas di luar Jakarta? “Di luar Jakarta, permintaan tinggi terutama untuk double cabin, sedan dengan transmisi manual dan hatchback,” ujar Afif.

Apakah domisili kendaraan menjadi kendala untuk diminati oleh konsumen mobil bekas di luar Jakarta. Ternyata untuk hal ini tak berpengaruh, konsumen di luar Jakarta tetap meminati mobil-mobil berdomisili di Jakarta asalkan bisa dipinjamkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang menjadi syarat untuk pembayaran pajak.

Alasan lainnya mengapa para konsumen di luar Jakarta tidak mempermasalahkan membeli mobil dengan plat B (Jadetabek), karena harga dasar kendaraan bermotor di Jakarta lebih rendah dibanding di luar Jakarta sehingga nominal pajak progresifnya lebih murah.

Tentu saja menjadi peluang ba- gi siapa pun yang hendak melakukan perjalanan ke luar kota. Tapi tetap saja ada kendala yang harus Anda lewati untuk mendapatkan harga jual yang lebih tinggi.

Kendalanya, menjual mobil tak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh waktu untuk menyebarkan informasi bahwa Anda hendak menjual mobil lama di kampung halaman.

Kendati demikian bukan berarti tak bisa diakali. Anda butuh koneksi di kota tujuan untuk bisa menjual dengan cepat kendaraan Anda. Dengan begitu, tak ada hambatan untuk menjual kendaraan di kampung halaman.

Meski di showroom mobkas sekali pun, harga masih lebih murah dibandingkan di luar Jakarta

Untuk sparepart fast moving, di luar kota pun tersedia

Hampir segala jenis sparepart slow moving tersedia di Jakarta

Untuk di daerah Banten harga mobkas tak jauh berbeda dengan Jakarta

Ketersediaan sparepart di Jakarta lebih banyak

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.