FIRST IMPRESSION: LAFERRARI APERTA

Ferrari convertible terkencang di dunia

Auto Bild Indonesia - - Content - 4Penulis: Anton Hari Wirawan

Ferrari memang sering memberi hadiah di setiap ulang tahunnya. Pada ulang tahun yang ke40, mereka meluncurkan Ferrari F40. Tak berhenti, di ulang tahunnya yang ke-50, mereka pun menghadiahi dirinya dengan Ferrari F50. Dan kini di ulang tahunnya yang ke-70, Ferrari meluncurkan LaFerrari Aperta.

Kado ulang tahun kali ini bisa dibilang paling spesial. Mengapa? Karena Ferrari membuat versi spesial dari LaFerrari. Jadi jika LaFerrari saja sudah sangat spesial, layak rasanya jika LaFerrari Aperta ini menyandang status super-spesial.

Lantas apa saja perbedaan dengan versi ‘standar’ LaFerrari? Jika diperhatikan, perbedaan paling terlihat adalah, penggunaan atap terbuka pada LaFerrari Aperta.

Pada mobil ini, atapnya menggunakan bahan kanvas yang diikat oleh sebuah rangka. Proses buka-tutup atapnya terbilang mudah, dengan hanya melepas dua buah pengait di ujung pilar A. Saat terlepas, Anda bisa melipatnya dan menyimpan di bagasi depan. Selain itu, ubahan yang cukup terlihat adalah sudut bukaan pintunya. Bukaan butterfly door Aperta, lebih sempit dari LaFerrari standar.

Ternyata, penggunaan atap terbuka, menuntut banyak ubahan di LaFerrari Aperta. Sistem rigiditas sasis ditingkatkan, agar Aperta punya torsion rigidity yang sama baiknya dengan LaFerrari. Selain itu, arah embusan uap panas dari radiator depan juga diarahkan ke kolong mobil. Mengapa? Karena jika tetap diarahkan ke atas, penumpang di kabin akan terganggu dengan uap panas, khususnya saat atap sedang terbuka.

Karena uap panas dialirkan ke bawah, vortex generator juga diset lebih rendah dari LaFerrari untuk menjamin downforce tetap baik.

Oh ya, terdapat pula deflector berbentuk L pada sudut kaca bagian atas. Komponen ini berfungsi untuk meminimalkan turbulensi udara saat atapnya terbuka. Jadi, meski hanya mengubah konstruksi atap, banyak ubahan teknis dilakukan pada LaFerrari Aperta.

Secara keseluruhan, sulit rasanya jika Anda tidak suka dengan desain-

nya. Desain LaFerrari Aperta, seolah membuat Ferrari lainnya terlihat biasa saja.

Bagaimana soal mesin? Unitnya masih sama dengan LaFerrari. Mesin ini menjadi proyek paling ambisius yang pernah dilakukan tim insinyur di Maranello. Unit V12 6.262 cc, berpadu dengan motor listrik. Ya, LaFerrari Aperta mengusung mesin hybrid, atau bernama HY- Kinetic Energy Recovery System (HY-KERS).

Tapi tidak seperti rivalnya, McLaren P1 atau Porsche 918 Spyder, LaFerrari Aperta tidak bisa hanya mengandalkan motor listriknya untuk menggerakkan mobil. Salah satu alasannya, para insinyur Ferrari tidak tertarik untuk mengembangkan mobil elektrik.

Seperti mobil hybrid lain, LaFerrari juga dibenamkan baterai. Jumlahnya mencapai 120 cell yang dirangkai menjadi 8 modul. Bobot baterainya diklaim hanya seberat 60 kg saja. Energi listrik untuk mengisi baterai bisa diperoleh dari dua cara. Regenerative braking, dan saat mesin bakar memproduksi terlalu banyak torsi saat tidak diperlukan. Alih-alih ditransfer ke roda, torsi berlebihan itu lantas dikonversi jadi energi listrik, untuk kemudian disimpan pada baterai. Berkat propulsi mesin hybrid

nya, LaFerrari Aperta punya total tenaga sebesar 950 dk dengan torsi 900 Nm. Buas! Tak heran jika akselerasi 0-100 km/jam diklaim dibawah 3 detik. Sementara untuk menempuh angka 300 km/jam dari kondisi diam, mobil ini hanya butuh 15 detik saja.

Sekarang saatnya kami beranjak ke kabin. Meski menggunakan

butterfly door, akses keluar-masuk LaFerrari Aperta tergolong mudah. Jauh lebih mudah dari BMW i8 yang menggunakan model pintu serupa. Hal ini disebabkan dinding life module Aperta yang tidak terlalu tebal. Jadinya paha tidak terlalu tertahan saat ingin keluar mobil.

LaFerrari Aperta pakai jok model fix yang menempel langsung pada dasar life module. Hal ini jelas menguntungkan, karena posisi duduknya jadi amat rendah karena tak butuh mekanisme sliding jok. Posisi duduk rendah, jelas menghasilkan center of gravity yang baik. Selain itu, posisi duduknya jadi sangat racy. Untuk mendapatkan posisi mengemudi ideal, mobil ini punya pengaturan maju-mundur pedal set serta setir tilt dan telescopic. Nuansa kabin terasa masih satu nafas dengan beberapa model Ferrari lainnya. Sangat sporti dan tidak ada hal yang rasanya tidak perlu. Setirnya juga masih dipenuhi beragam tombol fungsi. Seperti lampu sein, pengaturan wiper, pengaturan lampu, hingga mode berkendara.

Berminat? Siap-siap kecewa. LaFerrari Aperta hanya diproduksi sebanyak 209 unit. 200 unit sudah laku terjual, dan 9 unit sisanya disimpan Ferrari. Sungguh kado ulang tahun yang sangat spesial.

Desain dasbor khas Ferrari yang sangat sporti

Posisi duduk rendah yang sangat racy

Uap panas dari radiator kini diarahkan kebawah

Karena bangku fix, pedal set yang maju-mundur

Desain bernilai seni tinggi khas mobil Italia

Inilah atap LaFerrari Aperta

Setir dipenuhi beragam pengaturan fitur mobil

Bukti identitas edisi ulang tahun

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.