TIPS: UPGRADE HEAD UNIT IN-DASH

Tingkatkan hiburan dan tampilan di kabin

Auto Bild Indonesia - - Content - 4Penulis: Stefanus Yoga

Fitur entertainment dalam sebuah kendaraan menjadi sebuah perangkat penting, terutama bagi kaum urban dengan mobilitas tinggi di perkotaan. Tanpa adanya fitur hiburan di mobil, perjalanan akan cenderung membosankan, apalagi saat berada di tengah kemacetan.

Fitur hiburan di mobil biasanya bersumber dari head unit (HU). HU yang menghibur mampu memutar CD, DVD, ada koneksi Bluetooth, Aux-In dan USB, navigasi, sampai memunculkan tampilan ponsel di monitor HU (MirrorLink).

Sayangnya, banyak mobil-mobil baru saat ini, terutama yang dijual di Indonesia mengalami penurunan spek dari versi asli di negara asalnya. Termasuk HU yang mengalami downspec demi meraih harga jual mobil yang bisa lebih hemat.

Solusinya adalah dengan mengganti HU aftermarket yang banyak tersedia di pasaran. Tapi masalahnya, bentuk dasbor atau rumah HU di beberapa mobil terkadang punya bentuk yang khas atau terintegrasi dasbor ( in-dash). Sehingga tidak bisa asal ganti karena ukurannya berbeda. Pun begitu dengan HU jenis floating seperti pada Suzuki Ignis atau Kia Rio baru.

Suzuki Ignis

Meski memiliki beberapa fitur-fitur modern di dalamnya, tetapi sayang head unitnya belum menganut layar sentuh ( touchscreen). Beda dengan versi yang dipasarkan di India dan Eropa yang seluruh tipenya baik GL maupun GX sudah menganut head unit layar sentuh sebesar 7 inci.

Padahal, layar besar di head unit adalah pintu masuk bagi fitur-fitur lain yang menghibur sekaligus fungsional seperti GPS untuk navigasi, DVD player atau MirrorLink.

Tak usah khawatir, meski head unit pengganti belum tersedia secara aftermarket, Anda bisa mendapatkannya melalui Suzuki Genuine Accesories di dealer Suzuki berikut pemasangannya. Garansi juga tetap berlaku, karena merupakan produk OEM (Original Equipment of Manufacturing)

Untuk tipe GX dijual dengan harga Rp 7,249 juta, sedangkan GL Rp 7,484 juta.

KIA All New Rio

Sama halnya dengan Ignis yang berjenis double DIN namun diletakkan secara floating di depan dasbor. Unit

upgrade versi aftermarket memang belum tersedia di pasaran. Namun, pihak PT KIA Mobil Indonesia kabarnya akan segera menyediakan opsi head unit pengganti dengan model layar sentuh.

Saat ditanya, pihak KIA memang belum bisa memastikan kapan akan dihadirkan, karena masih menunggu respon pasar. Nantinya, KIA akan bekerjasama dengan vendor lokal untuk membuatnya. Yang dimaksud vendor lokal adalah agen pemegang berbagai merek seperti Kenwood, Alpine, dan lain-lain.

Mengenai harga juga belum bisa diprediksi, karena masih dalam tahap riset.

Mitsubishi Mirage

Head unit versi OEM (Original Equipment Market) dari Mirage ini terintegrasi dengan dasbor sehingga untuk mengganti dengan versi double DIN perlu frame tambahan sebagai dudukannya, serta soket khusus agar pemasangan bisa plug and play.

Semua head unit yang berjenis double DIN nantinya bisa dipasang di Mirage ini setelah melepas braket aslinya. Untuk harga frame

nya sendiri dijual dengan kisaran Rp 800 ribu, sementara soket penghubung antara head unit pengganti dengan jalur kabel di mobil harganya Rp 150 ribu. Biaya instalasi berkisar di Rp 300 ribu.

Untuk menggantinya Anda bisa kunjungi Cartens Audio Pusat Niaga Duta Mas Fatmawati, Rukan Blok D2 No.22, Cipete, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Telp (021) 72798998.

Suzuki Ertiga

Bagi pemilik Suzuki Ertiga selain versi Drezza, menggunakan head unit yang terintegrasi dengan dasbor tetapi belum memiliki layar sentuh.

Untuk dapat menggunakan head unit aftermar

ket dengan beragam pilihan, sama halnya dengan Mirage, yakni harus menggunakan

frame pengganti di dasbor sebagai rumahnya. Sistem kabelnya bisa menggunakan soket khusus sebagai penyambung kabel head unit dengan jalur kabel di mobil.

Harga framenya yakni Rp 250 ribu, soket khusus penghubung kabel Rp 150.000, dan biaya instalasi seharga Rp 100 ribu. Pilihan head unit dengan layar sentuh sangat beragam. Tersedia di Melodi Audio yang terletak Jl. Radio Dalam Raya No.99, Gandaria Utara, Kby. Baru,Jakarta Selatan. Telp (021) 7223387.

Fitur semakin berlimpah dengan menggunakan head unit aftermarket

Frame pengganti untuk Mitsubishi Mirage

Head unit Ignis versi Indonesia belum menggunakan layar sentuh

Soket khusus agar pemasangan head unit baru, bisa ‘plug and play’

Instalasi head unit aftermarket di Mirage

Dengan adanya layar sentuh, berbagai fitur termasuk kamera parkir bisa ditampilkan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.