DODGE CHALLENGER SRT HELLCAT DEMON

Iblis ciptaan Dodge

Auto Bild Indonesia - - Content - 4Penulis : Purwandana Budyandaka

Sulit untuk hanya membayangkan bagaimana tidak masuk akalnya monster ini. Sebagai gambaran eksaknya, Dodge Challenger SRT Demon adalah mobil produksi massal pertama yang dapat melakukan wheelie saat berakselerasi penuh. Ia juga menjadi mobil dengan gaya lateral terbesar saat akselerasi, mencapai 1,8 G.

Si ‘iblis’ sebagaimana ia disebut, juga mampu menuntaskan akselerasi dari 0-96 km/jam dalam 2,3 detik saja. Kemudian ia juga menyelesaikan sprint 400 meter dengan 9,65 detik. Kedua figur ini otomatis membuatnya disebut sebagai mobil produksi massal

tercepat di dunia.

Semuanya dicapai dengan berbagai ubahan fenomenal jika dibandingkan seri SRT Hellcat. Sebut saja sudut camber yang ditambah pada roda belakang sehingga menambah luas media kontak ban dengan aspal. Lalu ada ban eksklusif lansiran Nitto yang juga meningkatkan cengkeramannya dan masih banyak faktor lainnya.

Namun, yang menjadi kunci adalah fitur Torque Reserve Launch System. Fitur ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan akselerasi statis tercepat. Ia bekerja mengon- trol torsi dari mesin dengan mengubah waktu dan besar percikan dari busi. Berkatnya pula asupan udara untuk supercharger tetap terjaga sehingga menyokong respons torsi lebih cepat dan hasilnya akselerasi paling cepat bisa tercapai.

Hal istimewa berikutnya adalah tenaga yang dihasilkan dari mesin HEMI yang diusung. Ia menggunakan unit V8 dilengkapi super

charger berkapasitas 6.200 cc. Lontaran tenaganya hingga 840 dk dan torsi 1.044 Nm, lagi-lagi memecahkan rekor sebagai mobil produksi massal bertenaga paling besar. Uniknya, ia dapat dikalibrasi melalui ECU agar mesin ini dapat menggunakan bahan bakar dengan RON 100+ saat dibutuhkan.

Sejatinya ia menggunakan mesin dengan arsitektur dan susunan komponen yang serupa Challenger SRT Hellcat. Hanya saja ia mendapatkan sejumlah upgrade pada 25 komponen termasuk piston, supercharger, hingga sistem injeksi bahan bakarnya. Kehebatan performa mesin ini juga ditunjang Air-Grabber hood scoop yang disematkan di atas kap mesinnya.

Jalur udara ini disebut sebagai yang terbesar dalam sejarah mobil produksi massal hingga sekarang. Ditambah dua lubang udara yang terletak di tengah DRL. Kombinasi semuanya membuat SRT Demon memiliki asupan udara 18% lebih besar dari Hellcat dan darinya menambah 17 dk untuk mesin.

Sebagai muscle car, Dodge berhasil membuat Challenger SRT Demon menjadi yang paling brutal di antara rival-rivalnya. Bukan tidak mungkin produsen muscle car lainnya akan berusaha untuk menyaingi sang ‘iblis’ dan membuat kompetisi semakin seru.

Interior sangat terfokus untuk pengemudi

Mesin ini melansir 840 dk dan 1.044 Nm

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.