HOW TO USE: CRUISE CONTROL

Ini cara pakai yang benar!

Auto Bild Indonesia - - Content - 4Penulis : Resa Azhara

Perkembangan teknologi di dunia otomotif tumbuh dengan pesat dan makin memudahkan pengguna. Dari beragamnya mobil baru yang hadir saat ini, ada saja teknologi terbaru yang disematkan oleh pabrikan produknya.

Namun dari beberapa fitur yang telah cukup lama digunakan di mobil, masih banyak pengguna yang belum memahami bagaimana cara peng-operasiannya. Salah satunya adalah cruise control. Fitur yang memberikan kemudahan kepada pengemudi ini pun makin banyak digunakan hingga mobil dengan harga menengah. Sementara penggunaannya umum dilakukan di jalan bebas hambatan yang cukup lengang.

Sebenarnya cara kerja dari

cruise control tidak begitu rumit. Fitur cruise control memanfaatkan electronic control unit (ECU) untuk mengatur kecepatan mobil dengan mengambil alih kerja

throttle dan actuator. Saat pengemudi mengaktifkan cruise control, actuator akan menarik kabel yang terhubung dengan pedal gas, sehingga pedal gas bisa bergerak naik-turun secara otomatis.

Sedangkan untuk mobil yang sudah menggunakan sistem

throttle-by-wire, actuator akan mengirimkan signal agar bisa mengatur pedal gas sesuai keinginan pengemudi.

Lalu bagaimana cara mengoperasikan fitur cruise control? Berikut tahap-tahap yang harus Anda lakukan, agar mengemudi terasa semakin menyenangkan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.